Nyeri Pada Perut dan Dada Kerap Terasa Seperti Terbakar? Ini 3 Penyakit yang Patut Dicurigai

Berbicara mengenai kesehatan memang tidak akan ada habisnya, karena memang setiap orang pasti menginginkan memiliki tubuh yang sehat bukan. Apalagi pada dasarnya ini adalah harta yang paling mahal harganya dibandingkan dengan apapun. Hal tersebut mungkin baru akan Anda rasakan ketika sudah sakit nantinya. Hanya saja tak dapat dipungkiri juga jika seandainya penyakit dapat menyerang tanpa permisi. Bahkan bagi orang yang sudah benar-benar menjaga kesehatannya dengan baik sekalipun terkadang masih bisa terserang penyakit.

Penyakit-penyakit yang menyerang inipun juga terbilang bervariatif. Salah satunya mungkin yang paling sering Anda alami adalah masalah pencernaan. Pola makan yang tidak teratur ditambah dengan suka jajan atau makan sembarangan memang berpotensi besar untuk menyebabkan gangguan semacam ini. Untuk itulah maka penting bagi Anda berhati-hati agar tidak sampai terserang. Gangguan pada lambung atau sistem pencernaan sendiri umumnya ditunjukkan dengan beberapa gejala dasar, salah satu diantaranya yang paling sering terjadi adalah nyeri lambung. Mungkin banyak diantara Anda yang kerap merasakan hal tersebut.

Rasa nyeri atau sakit pada lambung ini sendiri sebenarnya dapat terjadi karena Anda terserang beberapa jenis penyakit atau gangguan kesehatan. Berikut ini diantaranya beberapa jenis penyakit yang paling rentan menyerang dan menyebabkan nyeri lambung, yaitu:

1. Maag, maag ini adalah penyakit yang memang dapat menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan sekitar 26 persen populasi dari orang dewasa kerap kali mengeluhkan terkena gejala maag. Dimana 10 persen diantaranya akan merasakan nyeri pada bagian ulu hati setiap hari. Umumnya penyakit yang satu ini juga akan menyebabkan beberapa macam gejala, seperti diantaranya adalah perut yang kembung, kemudian juga mual hingga muntah. Bahkan juga ada rasa begah atau penuh di perut. Meskipun mungkin Anda tidak mengonsumsi terlalu banyak makanan. Maag ini sendiri umumnya juga terbagi atas 2 jenis, diantaranya adalah maag kronis dan juga maag akut.

2. Tukak lambung, patut untuk diketahui bahwa maag dan juga tukak lambung ini berbeda, tukak lambung adalah sebuah kondisi ketika terjadi luka atau iritasi pada dinding lambung, biasanya karena peradangan atau iritasi. Umumnya hal ini dipicu oleh infeksi bakteri yaitu Helicobacter pylori. Hal ini dapat terjadi karena gangguan kondisi pada dinding lambung karena pemakaian obat-obatan tertentu dalam jangka waktu panjang. Kebiasaan kurang sehat layaknya suka mengonsumsi alkohol maupun merokok juga bisa menjadi pemicunya. Bahkan gejala penyakit ini dapat memburuk jika seandainya pasien mengonsumsi susu.

3. Penyakit Gerd, penyakit ini lebih dikenal sebagai penyakit asam lambung, karena memang terjadi ketika produksi asam lambung dalam tubuh berlebih. Ditambah lagi dengan melemahnya sfingter esofagus yang menyebabkan cairan asam tersebut tidak dapat turun. Kondisi tersebut akan kambuh jika seandainya Anda mengonsumsi makanan-makanan pemicunya, mulai dari makanan pegas, asam, kafein dan sebagainya. Akan muncul gejala seperti nyeri pada ulu hati ditambah dengan rasa panas seperti terbakar dan juga perubahan suara yang menjadi serak.

Setiap orang umumnya akan mengalami nyeri lambung yang berbeda. Begitu juga dengan penyebab dari kondisi tersebut. sehingga patut untuk tidak meremehkannya. Gangguan kesehatan semacam ini memang harus ditangani secara serius jika seandainya tidak ingin berdampak fatal. Penyakit yang menyerang lambung pada dasarnya memang sangat menganggu sistem cerna dan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.