5 Cara Mengobati Diare Pada Wanita Hamil yang Aman dan Efektif

Wanita yang sedang hamil akan mengalami perubahan hormon dalam tubuhnya, hal ini jugalah yang berdampak terhadap resiko gangguan pencernaan. Termasuk diantaranya adalah mereka yang rentan untuk terserang diare. Keluhan semacam ini tentunya bukan sesuatu yang patut disepelekan. Karena jika seandainya tidak segera diobati juga akan beresiko menyebabkan masalah pada janin yang sedang dikandung. Hanya saja cara mengobati diare pada wanita hamil juga tak boleh sembarangan. Apalagi faktanya mereka tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi sembarangan obat.

Memang ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dalam menjalani pengobatan diare pada wanita yang sedang hamil. Ini akan lebih aman, karena tak jarang beberapa obat memang akan menyebabkan efek samping pada janin yang sedang dikandung tersebut. sehingga harus lebih berhati-hati. Adapun juga berikut ini beberapa cara untuk mengatasi diare pada wanita yang sedang hamil secara aman yang patut untuk dicoba, yaitu:

  1. Minum air putih secara cukup, bagaimanapun juga tak dapat dipungkiri jika seandainya air putih memiliki banyak manfaat untuk penderita diare. Karena dapat mencegah terjadinya dehidrasi atau yang dikenal juga sebagai kekurangan cairan. Kondisi yang bisa berdampak fatal pada pasien diare. Jadi Anda bisa mengonsumsi cairan seperti air putih biasa tentunya yang matang atau sudah direbus, kemudian juga cairan elektrolit dan makanan yang banyak mengandung cairan layaknya sup.
  2. Mengonsumsi suplemen maupun makanan probiotik, pada dasarnya dalam tubuh manusia memang mengandung bakteri baik atau yang dikenal juga sebagai probiotik, ia berperan penting dalam membantu proses pencernaan makanan agar bisa lebih optimal. Probiotik ini bisa sangat membantu dalam menyehatkan organ pencernaan, kekurangannya juga bisa menjadi faktor penyebab seseorang terserang diare. Untuk itulah makanan ia dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pengobatan yang aman untuk mengatasi diare pada wanita hamil. Beberapa jenis makanan dengan kandungan probiotik diantaranya adalah tempe dan juga yogurt.
  3. Mematuhi anjuran dan juga makanan pada saat diare, ketika seseorang terkena diare maka ada beberapa jenis makanan yang memang bagus untuk dikonsumsi, juga ada diantaranya yang kurang bagus untuk dikonsumsi. Beberapa jenis makanan yang patut untuk dihindari saat sedang diare adalah makanan yang pedas, asam, berlemak, minuman berkarbonasi, buah kering, susu, cokelat maupun permen hingga daging merah. Karena hal ini sebenarnya hanya akan memperparah kondisi Anda tersebut, untuk itu maka wajib dihindari.
  4. Menghentikan pemakaian obat maupun suplemen tertentu, wanita hamil yang mengalami diare biasanya juga bisa terjadi karena tengah mengonsumsi obat-obatan maupun suplemen tertentu. Hal ini menyebabkan terjadinya reaksi alergi atau efek samping sehingga timbul diare. Untuk itulah mengapa sebaiknya Anda menghentikan terlebih dahulu pemakaiannya sementara.
  5. Mengonsumsi obat diare yang aman, artinya memang boleh untuk ibu hamil seperti diantaranya adalah loperamide yang dapat memperlambat gerak usus guna menghasilkan feses dalam bentuk yang lebih padat, jenis yang lainnya seperti keopectate yang juga akan dikonsumsi oleh wanita hamil. Didalam obat tersebut mengandung senyawa pektin dan kaolin. Anda bisa mendapatkan obat-obatan tersebut di apotek.

Itulah diantaranya beberapa cara mengobati diare yang dapat Anda terapkan. Selektif dalam memilih makanan yang dikonsumsi ketika Anda sedang hamil, karena ditakutkan bisa memicu penyakit layaknya diare ini. tentunya akan beresiko juga bagi janin yang dikandung bukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.