Cokelat Untuk Kesehatan Jantung

Kandungan Cokelat yang Sehat Untuk Tubuh

Cokelat adalah salah satu makanan manis yang banyak di sukai oleh banyak orang. namun, seiring dengan banyaknya cokelat saat ini memunculkan beberapa mitos mengenai cokelat. Dari banyaknya mitos yang ada, salah satu mitos yang tersebar luas adalah makan cokelat agar lebih sehat. Banyak yang mengatakan bahwa cokelat sendiri sangat bagus untuk kesehatan.

Diantara banyaknya mitos yang beredar, mitos yang paling serung terdengar adalah bahwa cokelat sangat bagus untuk kesehatan jantung yang anda miliki. Banyak nutris yang terkandung di dalam cokelat yang membuat cokelat baik bagi kesehatan anda. cokelat sendiri terbuat da berasal dari biji kakao yang merupakan salah satu sumber dari anti oksidan yang baik dan terbukti dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

Makan cokelat agar lebih sehat sudah banyak di lakukan banyak orang karena memang sudah terbukti membuat tubuh anda lebih sehat, terutama cokelat hitam. Beberapa orang belum mengetahui apa saja kandungan cokelat yang membuat cokelat menjadi sangat populer di bidang kesehatan saat ini. saat anda mengkosnumsi sepotong cokelat dengan berat sekitar 100 gram, di dalamnya sudah terkandung beberapa kandungan baik.

Kandungan tersebut berupa zat besi, magnesium, tembaga, mangan, 11 gram serat dan hingga nutrisi lain yang memang terkandung di dalamnya sejak awal seeprti kalium, fosfor, seng, kalsium, vitamin K, dan selenium yang memang bagus untuk tubuh. Kandungan inilah yang membuat banyak himbauan untuk makan cokelat agar lebih sehat.

Selain itu, banyak fungsi atau kegunaan cokelat yang bagus untuk kesehatan tubuh anda. Mengkonsumsi cokelat sendiri adalah bukan lagi emnjadi mitos dan memang memiliki keuntungan tersendiri, keuntungannya yaitu:

1. Cokelat memiliki antioksidan yang terbaik

Salah satu fungsi atau kegunaan cokelat yang cukup populer adalah memiliki atau mengandung antioksidan yang terbaik untuk dapat menangkal radikal bebas dan dapat melindungi tubuh dari keruskaan-kerusakan yang mungkin dapat terjaid pada tubuh.

2. Salah satu fungsi yang cukup penting adalah cokelat sendiri dapat bergfungsi untuk mencegah kanker

Dengan mengandung sifat antioksidan yang baik , sebuah penelitian bahkan membuktikan bahwa cokelat sendiri dapat membantu mencegah penyakit kanker. Walaupun belum dengan secara jelas, namun cokelat memang mengandung senyawa yang baik untuk mencegah penyakit kanker.

3. Jantung yang lebih sehat dengan mengkonsumsi cokelat

Salah satu kandungan cokelat yang terkenal dan memang dapat meningkatkan kesehtan jantung adalah flavanol yang memang merupakan salah stau jenis flavonoid yang terkandung di dalam cokelat hitam dan menurut penelitian dapat memberikan efek positif untuk kesehatan jantung anda. hal ini di karenakan flavanol sendiri membantu untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah dengan lancar ke jantung yang dapat mengurangi resiko penggumpalan darah atau stroke.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Flavanol merupakan salah satu jenis flavonoid yang terkandung dalam coklat hitam dan menurut penelitian dapat memberikan efek positif pada kesehatan jantung. Flavanol diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah ke jantung serta otak. Flavanol pada coklat hitam juga dapat mengurangi resiko penggumpalan darah dan stroke.

Memperbaiki Profil Kolesterol Total

Kandungan polifenol pada coklat dapat mengendalikan kolesterol. Mengkonsumsi coklat hitam selama tiga minggu dapat meningkatkan HDL atau kolesterol baik. Mengkonsumsi coklat hitam dengan kandungan kaya polifenol selama 15 hari dapat membantu menurunkan kolesterol total sebesar 6,5% dan LDL atau kolesterol jahat sebesar 7,5%. Mengkonsumsi coklat hitam yang biasa dapat menurunkan 6% kadar LDL dan meningkatkan HDL sebesar 9%.

Coklat Hitam Meningkatkan Fungsi Kognitif

Coklat hitam dapat membantu untuk meningkatkan fokus dan memori. Kandungan flavonoid pada coklatlah yang dapat meningkatkan kemampuan koginitif khususnya pada orang lanjut usia. Kokoa juga mengandung theobromin dan kafein yang memiliki sifat sebagai stimulant sehingga dapat meningkatkan fungsi otak

Flavanol pada coklat hitam dapat menurunkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah. Pada suatu penelitian menyatakan bahwa coklat dan coklat hitam dapat menurunkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah namun dalam tahap yang ringan.

Leave a Reply