4 Cara Memulai Restoran Sendiri

Banyak orang bermimpi membuka restoran sendiri. Namun menjalankan restoran tidak bisa sembarangan apabila Anda ingin restoran tersebut berkembang. Ada banyak hal yang harus di persiapkan seperti membeli merk alat masak yang aman dan sehat, memilih bahan makanan yang berkualitas dan lain sebagainya. Untuk itu, berikut adalah 4 tips sederhana yang bisa Anda lakukan  untuk memulai restoran baru.

1. Tentukan Konsep Restoran Anda

Sebelum memulai bisnis kuliner Anda sendiri, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan seperti apa konsep restoran Anda. Apakah Anda ingin membuka restoran dengan suasana yang nyaman dan serasa di rumah sendiri, atau haruskah restoran baru Anda berkonsep haute cuisine?

Konsep restoran juga harus memperhitungkan hidangan apa yang ingin disajikan. Sebelum melakukan hal lain, rancang menu lengkap. Jenis makanan apa yang ingin Anda sajikan di restoran Anda, Italia atau Jepang? Masakan rumah atau kafetaria dan toko roti?

2. Menentukan lokasi restoran yang strategis

Lokasi sangat penting untuk keberhasilan setiap bisnis katering. Semakin mudah diakses restoran Anda oleh lebih banyak orang, semakin baik peluang penjualan Anda. Apakah lokasi tersebut merupakan kawasan ramai yang sering dikunjungi banyak orang? Apakah daerah tersebut padat penduduk sehingga memudahkan Anda dalam mencari pekerjaan? Apakah mudah untuk sampai ke situs? Bagaimana dengan tempat parkirnya, apakah cukup luas? Setelah semuanya beres, Anda perlu menegosiasikan harga sewa terbaik.

3. Pilih koki Anda

Untuk memulai bisnis kuliner yang sukses, Anda memerlukan tiga pilar: konsep yang kuat, lokasi yang strategis, dan koki yang kompeten. Ketiganya bekerja sama untuk membantu Anda menentukan suasana restoran Anda. Koki yang Anda sewa di sebuah restoran harus menyesuaikan dengan konsep restoran dan tema masakannya. Jika tidak, Anda akan mengalami banyak masalah yang tidak perlu.

4. Kenali Target Pelanggan Anda

Saat Anda siap membuka restoran, penting untuk memahami siapa target pelanggan utama Anda. Orang tua dengan anak kecil memiliki kebutuhan yang berbeda dari orang lajang atau pasangan muda. Saat Anda memeriksa basis populasi area di mana restoran Anda berada, ini mengungkapkan berbagai informasi demografis penting yang dapat memengaruhi kesuksesan restoran Anda.  pertanyaan seperti kualitas rumah, rata-rata pendapatan keluarga, rata-rata usia; Semua ini memberi Anda petunjuk berharga tentang siapa pelanggan potensial Anda. Setelah Anda memiliki informasi penting ini, Anda dapat membandingkannya dengan restoran lain di area tersebut.

Selain ke 4 tips tersebut di atas Anda bisa melihat dan beradaptasi dengan tren yang saat ini sedang berkembang. Banyak anak muda yang saat ini mencari rumah makan karena tempat yang terlihat bagus dan estetik. Untuk hal ini Anda bisa menambahkan furniture yang menarik yang sesuai dengan tema yang Anda usung, kemudian ditambahkan dengan beberapa bunga dari toko bunga Jakarta, dan juga berbagai macam dekorasi ruangan pendukung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.