Tidak Bisa Sembarangan, Lakukan Ini Jika Akun Instagram Anda Ingin Cepat Melesat

Saat ini Instagram menjadi salah satu media sosial paling banyak digunakan di Indonesia. Tak heran banyak orang berbondong-bondong pindah ke sosial media berbasis visual ini dengan berbagai macam tujuan, seperti menjadi terkenal, melakukan pemasaran bisnis, dan sebagainya. Fenomena ini membuat banyak website penambah followers Instagram gratis bermunculan.

Satu hal yang wajib diketahui adalah bermain Instagram tidak bisa sembarangan dilakukan. Ada beberapa peraturan maupun algoritme perlu diperhatikan agar akun bisa berkembang secara cepat. Pada kali ini akan dijelaskan beberapa cara melakukan optimasi account Instagram secara tepat. Cara ini bisa Anda terapkan baik untuk akun pribadi maupun online shop.

Cara Optimasi Instagram dengan Tepat

1. Menentukan tujuan secara jelas

Ada beberapa tujuan seseorang membuat akun Instagram seperti sekadar ingin berbagi aktivitas sehari-hari, meningkatkan jangkauan bisnis, menjadi influencer, menjadi konten kreator, dan sebagainya. Langah pertama yang harus dilakukan agar ke depan menjadi lebih enak adalah menentukan tujuan. Pastikan Anda memilih satu tujuan terlebih dahulu untuk satu akun.

Banyak orang melakukan kesalahan di sini sehingga jumlah follower mengalami stuck. Mereka membuat post secara tidak teratur. Hasilnya, engagement sangat rendah. Jangankan mendapatkan follower, mendapatkan banyak like pun akan sulit.

2. Melakukan optimasi profil

Di bagian profil, ada beberapa bagian yang memang perlu dimaksimalkan supaya akun Instagram Anda lebih menarik. Beberapa elemen tersebut antara lain username, nama, bio, foto profil, dan highlight. Manfaatkan semua elemen tersebut semaksimal mungkin. Ketika profil menarik, akun tersebut akan memiliki kemungkinan besar mendapatkan banyak pengikut.

Sebagai referensi, buatlah bio yang singkat, padat, namun tetap menjelaskan siapa sebenarnya Anda. Kemudian, manfaatkan fitur highlight jika Anda membangun akun online shop. Berikan kategori-kategori yang sering dibutuhkan calon konsumen seperti cara pemesanan, katalog produk, testimoni, dan lain-lain. Mengenai username, sebenarnya tidak ada patokan tertentu. Namun, akun online shop sangat disarankan memasukkan nama produk di username ini.

3. Ubah ke akun bisnis

Akun bisnis memiliki lebih banyak fitur bermanfaat dibandingkan akun pribadi. Beberapa fitur tersebut antara lain insight, iklan, serta shop. Fitur insight berfungsi memantau engagement sebuah postingan. Hal ini sangat cocok jika Anda adalah seorang konten kreator ataupun pemilik akun online shop. Anda bisa memantau kapan post mendapatkan paling banyak engagement, siapa saja penontonnya, serta berapa rentang usia mereka.

Data tersebut sangat penting guna melakukan evaluasi ke depan. Misalnya, menurut data waktu paling banyak mendapatkan like adalah pukul 17.00. Artinya, Anda harus mengubah jam posting sesuai data ini. Kemudian, jika dalam insight disebutkan bahwa mayoritas engagement adalah wanita, buatlah post menggunakan sudut pandang wanita lebih banyak.

4. Membuat konten berkualitas

Setelah tiga hal di atas dilakukan, cara berikutnya adalah membuat konten berkualitas. Konten yang berkualitas akan meningkatkan kemungkinan dibagikan oleh pengguna Instagram lain. Dengan demikian, konten Anda akan dilihat lebih banyak orang. Jumlah followers pun secara otomatis akan bertambah seiring berjalannya waktu. Mungkin pada awalnya cukup berat bisa membuat konten berkualitas. Namun, apabila Anda terus berlatih hal tersebut akan menjadi lebih mudah.

Itulah beberapa tips meningkatkan performa akun Instagram Anda. Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan website penambah followers Instagram gratis seperti Panel Pedia. Meskipun tidak disarankan digunakan sebagai cara utama, namun website ini akan turut membantu perkembangan akun lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *