Berikut Adalah Strategi Mengatur Siklus Tidur Yang Sehat Buat Kamu Si Sibuk

Cara Mengatur Waktu Tidur bagi Anda yang Sibuk dan Memiliki Siklus Tidur yang Kacau

Penting sekali agar tubuh selalu dalam kondisi sehat, prima, dan semangat. Hanya saja terkadang sulit sekali untuk bisa memperoleh kondisi seperti ini. Disamping semakin bertambahnya faktor usia yang membuat kewajiban terus bertambah sehingga hari-hari selalu dimulai dengan aktivitas padat.

Fisik dan psikis pun mulai kelelahan tapi disisi lain, pekerjaan, sekolah, dan lainnya menuntutmu untuk terus terjaga. Hingga akhirnya waktu tidurmu pun harus dikorbankan demi menyelesaikan suatu tugas dan hal ini berdampak pada berubahnya siklus tidur yang normal. Akhirnya muncul kebiasaan buruk baru, yaitu kebiasaan mengambil waktu tidur yang tidak teratur sehingga mengakibatkan metabolisme tubuhmu jadi kacau.

Walaupun anda memiliki waktu yang terasa padat bukan berarti anda harus mengacaukan waktu tidur anda, itu tidak baik untuk kesehatan dan akan berdampak pada kualitas bekerja nantinya.

Berikut adalah Strategi Mengatur Siklus Tidur yang Sehat Buat Kamu si Sibuk

Sebelumnya pasti diantara anda bertanya-tanya, apa itu siklus tidur? Siklus tidur sendiri merupakan hal yang menentukan seberapa nyenyakkah anda tidur yang terbagi dari berbagai tahap. Tahap siklus tidur sendiri terbagi 5, yaitu :
1. Light sleep, posisi siap untuk tidur
2. Tahap sudah Mulai tidur, dimana otak terjadi releksasi dan istirahat
3. Mulai pulas
4. Non REM sleep, sudah mulai bermimpi, tubuh memperbaiki sel-sel rusak, tekanan darah dan suhu menurun
5. REM sleep, mimpi mulai utuh, detak jantung dan tekanan darah kembali meningkat

Nah, prinsip tidur ideal adalah supaya anda tertidur sudah dalam tahap REM sleep, supaya bangun lebih segar dan bisa mulai beraktivitas. Biasanya orang yang tidurnya kurang baik ketika berada di tahap Non REM sleep karena ketika tidur badan masih belum fresh, ngantuk, bahkan pusing.

Cara Supaya Anda dapat Bangun dalam Kondisi Badan yang Segar, Fit, dan Siap Beraktivitas

1. Seperti yang sudah dinyatakan sebelumnya, tidur berkualitas berarti harus sudah ada pada tahap 5 (REM sleep) berarti waktu tidur anda harus cukup supaya bisa mencapai tahap ini.

2. Untuk mencapainya anda harus diberi waktu tidur selama kira-kira 90 menit dan waktu istiraha ideal yang sehatnya selama lima siklus tidur, berarti 7,5 jam. Lalu bagaimana jika anda memiliki waktu padat sehingga tidak cukup untuk waktu selama itu?

3. Caranya adalah pastikan minimal anda sudah melalui 1-2 siklus tidur, berarti aman-amannya minimal 3 jam. Sehingga anda sudah melalui 2 fase REM sleep. Tapi, tentu saja bila harus tidur dalam waktu lebih singkat, pastikan kualitas tidur anda baik.

4. Jauhkan dari gadget/laptop/komputer atau dari apapun yang memiliki cahaya berlebih selama 2 jam sebelum tidur, selain itu jangan makan terlalu banyak karena hal ini akan membuat kualitas tidur jadi turun disebabkan oleh pencernaan yang harus bekerja lebih keras, hindari suara bising, dan jangan lupa buang air dulu supaya tidak bangun di tengah tidur untuk ke toilet.

5. Jika misalkan anda sudah menentukan berapa siklus tidur yang anda tetapkan, maka pastikan anda KONSISTEN. Jika misalnya anda meniatkan diri untuk mengambil jatah 4 siklus tidur dan harus bangun jam 5 pagi, berarti usahakan jam 11 malam harus sudah tidur.

6. Pastikan untuk tidak terjaga hingga melewati jam 12 malam, bila ada pekerjaan yang harus diselesaikan, lebih baik tidur dulu lalu bangun lebih pagi.

7. Selain siklus tidur, pastikan anda pun tertidur dan bangun di jam yang sama, jika menargetkan tidur jam 11 malam sampai 5 pagi berarti teruslah konsisten dan JANGAN ubah waktunya lagi. Perubahan waktu tidur yang tidak teratur akan membuat metabolisme tubuh terganggu karena kesulitan beradaptasi lagi.

Leave a Reply