Pencatatan Uanga

Aplikasi Akuntasi Membantu Pengelolaan UKM dan UMKM

Seseorang yang memiliki daya kreativitas dan jiwa wirausaha memungkinkan mereka untuk mencari penghasilan melalui Usaha Kecil Menengah (UKM) atau Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Untuk mencari pendapatan yang menguntungkan tentunya mereka para pengusaha harus mampu mengembangkan kinerja dan strategi merek untuk mampu bersaing dengan usaha lainnya sehingga lebih memikat konsumen.

Karena keinginan pribadi, terkadang dalam pelaksanaannya usaha yang dilakukan perorangan maupun kelompok kecil ini masih sederhana dan menggunakan sistem yang dasar dalam pengelolaannya. Bahkan masih banyak pengusaha dalam bidang UKM dan UMKM yang belum melakukan pengelolaan keuangan dengan baik sesuai standar akuntansi UKM dan UMKM. Padahal hal utama dari tujuan kegiatan usaha tersebut selalu berkaitan dengan finansial, terutama dalam pemantauan keuangan laba/rugi.

Kegiatan akuntansi UKM dan UMKM lebih berperan penting lagi karena adanya peraturan pajak UMKM dan UKM yang diberlakukan oleh pemerintah. Sehingga laporan dan pembukuan omzet harus benar-benar di organisir dengan baik dan rapi sebagai laporan pajak kepada negara. Namun, kemudahan akses saat ini semakin mudah dengan adanya fasilitas yang disediakan banyak perusahaan jasa dalam bidang akuntansi seperti halnya aplikasi pajak untuk mengurus pajak dan juga software pembukuan yang bisa digunakan oleh pengelola keuangan usaha.

Berikut kesalahan yang sering dilakukan pengusaha berkaitan UKM maupun UMKM yang dijalankannya:
• Pencampuran aset pribadi dengan bisnis yang dikelola
• Pengetahuan tentang pengelolaan atau manajemen keuangan masih kurang
• Pengusaha tidak tahu berapa keuntungan bersih yang didapatkan
• Perencanaan maupun strategi usaha yang kurang baik dan terorganisir

Untuk memecahkan masalah keuangan, pengusaha bisa memanfaatkan fitur yang ditawarkan oleh perusahaan jasa yaitu aplikasi akuntansi dan aplikasi keuangan. Dewasa ini banyak sekali fasilitas dengan kecanggihan teknologi yang disediakan untuk membantu manusia. Manfaat yang didapatkan menggunakan sistem tersebut antara lain, seperti sistem sudah merupakan standar untuk melakukan kegiatan akuntansi usaha, sistem biasanya sudah terintegrasi dengan pencatatan yang berkaitan, serta akses yang praktis seperti dengan sistem online yang efektif dan efisien untuk memasukkan data dan pemantauan.

Karena maraknya tawaran fitur yang memanfaatkan teknologi ini, alangkah lebih baiknya jika anda yang berminat untuk menggunakannya agar lebih selektif memilih software maupun aplikasi yang akan digunakan untuk mengelola keuangan usaha. Biasanya untuk menekan budget, masih banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih untuk menggunakan aplikasi maupun software yang lebih murah, padahal beresiko karena terdapat malware yang menyebabkan kerusakan sistem bahkan mencuri data.

Sehingga ada baiknya anda memilih aplikasi akuntansi, aplikasi keuangan, aplikasi pajak dan software pembukuan yang terpercaya dan memiliki lisensi yang baik terhadap izin usahanya. Harga yang ditawarkan murah bukan juga berarti produk yang ditawarkan murahan, anda bisa juga mengetesnya dengan melakukan uji coba atau mengecek testimoni pelanggan lain yang sudah pernah mencobanya.

Leave a Reply