Tugas 2 Mengurutkan Unsur Teks - Bahasa Indonesia VII

Teks Observasi merupakan teks yang berisi penjabaran umum atau melaporkan mengenai sesuatu berupa hasil dari pengamatan (observasi), teks laporan observasi juga disebut dengan teks klasifikasi karena memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu.


Menggambarkan ciri, bentuk maupun sifat umum seperti benda, hewan, manusia, tumbuh-tumbuhan atau peristiwa yang terjadi di dalam semesta kita, teks hasil observasi bersifat faktual atau berdasarkan fakta yang telah ada.

Pada Tugas 2 ini kamu diminta menyusun atau mengurutkan pernyataan dan mengidentifikasi bagian-bagiannya. Kalimat-kalimat dalam tabel berikut ini belum berurutan. Kerjakan tugas berikut sesuai dengan petunjuk!

1) Sekarang, coba kamu  baca teks yang berada dalam tabel berikut ini! Setelah itu, kamu urutkan keenam kalimat itu menjadi sebuah teks laporan hasil observasi yang teratur! Caranya, tuliskan nomor di kolom sebelah kiri (No.) sesuai dengan urutan yang kamu kehendaki!

No Text
5. Taman Nasional berfungsi untuk pelestarian habitat hewan dan tumbuhan yang hidup di wilayah Indonesia.
2. Taman Nasional didirikan untuk melestarikan lingkungan alam dan mengembangkan pengetahuan.
3. Wilayah kawasan taman nasional memiliki sumber daya alam hayati dan ekosistem yang khas, unik, utuh, dan alami serta mempunyai luas wilayah yang cukup untuk kelangsungan proses ekologis secara alami dengan pembagian zona inti, zona pemanfaatan, dan zona rimba.
6. Taman Nasional ini sangat berguna untuk penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, misalnya untuk pengamatan fenomena alam, konservasi alam, pemanfaatan air serta energi air panas, dan angin serta wisata alam.
4. Di Taman Nasional ini berbagai habitat hidup dengan aman dan alami, misalnya orang utan dengan leluasa berayun dari satu pohon ke pohon lain dan dengan leluasanya juga ia memilih pucuk-pucuk daun untuk dimakan.
1. Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli dan dikelola dengan bersistem untuk keperluan berbagai penelitian, perkembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan pariwisata.

2) Setelah mengurutkan teks itu, menurut saya judul karangan itu adalah Kawasan Taman Nasional.

3) Identifikasikanlah bagian-bagian teks tersebut ke dalam struktur teks laporan hasil observasi dengan mencari definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi kegunaan!

No Manfaat
Deskripsi Umum Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli dan dikelola dengan bersistem untuk keperluan berbagai penelitian, perkembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan pariwisata. Taman Nasional didirikan untuk melestarikan lingkungan alam dan mengembangkan pengetahuan.
Deskripsi Bagian Wilayah kawasan taman nasional memiliki sumber daya alam hayati dan ekosistem yang khas, unik, utuh, dan alami serta mempunyai luas wilayah yang cukup untuk kelangsungan proses ekologis secara alami dengan pembagian zona inti, zona pemanfaatan, dan zona rimba. Di Taman Nasional ini berbagai habitat hidup dengan aman dan alami, misalnya orang utan dengan leluasa berayun dari satu pohon ke pohon lain dan dengan leluasanya juga ia memilih pucuk-pucuk daun untuk dimakan.
Deskripsi Manfaat Taman Nasional berfungsi untuk pelestarian habitat hewan dan tumbuhan yang hidup di wilayah Indonesia. Taman Nasional ini sangat berguna untuk penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, misalnya untuk pengamatan fenomena alam, konservasi alam, pemanfaatan air serta energi air panas, dan angin serta wisata alam.

KerjaLebah

Tempat berbagi ilmu pelajaran

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top