Mengklasifikasi Teks Tantangan "Kebijakan Mobil Murah"

Tugas 3 Mengklasifikasi Teks Tantangan "Kebijakan Mobil Murah". Supaya dapat menambah pemahaman dan menangkap makna teks tantangan “Kebijakan Mobil Murah" dengan baik dapat dilakukan dengan cara mengklasifikasi teks tantangan “Kebijakan Mobil Murah" tersebut. Klasifikasi teks tantangan dapat kalian lakukan dengan cara mengklasifikasi kata atau frasa pada teks tantangan “Kebijakan Mobil Murah" dan memahami kata-kata sulit yang terdapat pada teks tantangan “Kebijakan Mobil Murah" dan menggunakan katakata sulit itu ke dalam kalimat atau paragraf. Di samping kalian bisa memahami kata-kata sulit yang ada di dalam teks tersebut, kalian juga diharapkan dapat mengklasifikasi data yang ada pada teks tersebut. Perlu diketahui bahwa teks tantangan terdiri atas beberapa kumpulan data dan informasi yang membangun pada teks tersebut.

Berdasarkan strukturnya teks tantangan dibagi menjadi tiga struktur, yaitu isu/masalah, argumen, dan simpulan. Isu/masalah berisi suatu pernyataan mengenai topik yang akan dibantah. Biasanya, isu atau masalah ini berisi mengenai hal-hal kontroversial yang berkembang pada masyarakat ataupun media massa. Argumen berisi sebuah rangkaian bukti atau alasan yang digunakan untuk mendukung bantahan. Untuk memperkuat argumen, perlu disajikan beberapa data yang mendukung argumen tersebut. Simpulan berisi sebuah pernyataan yang dapat menegaskan bantahan. Dalam setiap struktur teks tersebut ada beberapa kata-kata sulit dan data yang perlu kalian cermati dan kemudian dapat kalian klasifikasikan.

Sebelum melakukan klasifikasi silahkan kalian baca teks tantangan yang berjudul "Kebijakan Mobil Murah" di bawah ini.

Struktur Teks Tantangan “Kebijakan Mobil Murah"



Isu (masalah) :
     Pemerintah dalam waktu dekat akan mengeluarkan kebijakan pengadaan mobil murah. Mobil ini, rencananya, akan dioperasionalkan di wilayah perdesaan, Di samping murah, mobil ini dirancang ramah lingkungan. Supaya bisa berjalan dengan baik, pemerintah akan memberikan insentif pajak bagi pembelii mobil yang ramah lingkungan.

Argumen Menentang :
     Sejumlah kalangan meminta pemerintah mencabut insentif pajak untuk mobil murah dan ramah lingkungan. Alasannya, kebijakan itu dinilai tidak tepat sasaran dan akan memperparah kemacetan lalu lintas di ibu kota.  Kritik terhadap kebijakan mobil murah dan ramah lingkungan itu disampaikan dalam bedah buku Mobil Murah dan Kemacetan Jakarta karya A.M Fatwa di MerDesa Institut, Jakarta Pusat, Rabu, 2 April 2014. Buku itu bersumber dari seminar “Mobil Murah dan Kemacetan Jakarta serta Keseimbangan Infrastruktur dan Moda Transportasi” yang digelar pada Desember 2013. 

     Menurut berbagai kalangan, munculnya mobil murah dan ramah lingkungan adalah contoh kebijakan yang tidak dibahas secara komprehensif. Akhirnya, kebijakan itu dapat menimbulkan masalah. Awalnya, usul mobil murah itu dilontarkan tim pemerintah setelah studi banding ke India. Gagasannya adalah pemerintah membuat mobil murah untuk kawasan perdesaan. Namun, kini mobil yang muncul adalah mobil-mobil kecil yang bentuknya lebih mirip city car. 

     Tidak mustahil, menurut berbagai kalangan, dalam program mobil murah dan ramah lingkungan  akan semakin meningkatkan subsidi bahan bakar minyak (BBM). Ujungujungnya, beban pemerintah untuk membeli minyak dari luar negeri semakin meningkat. Hal itu akan berujung pada beban rakyat. Dengan demikian, kita perlu berhitung-hitung, apakah kebijakan ini menguntungkan rakyat atau tidak? 


Simpulan :

     Sebagai gantinya, pemerintah diminta memikirkan kebijakan strategis yang lain. Pakar transportasi menyarankan bahwa pemerintah lebih baik membangun infrastruktur transportasi laut dan udara karena Indonesia merupakan negara kepulauan.


Mengklasifikasi Kata Sulit

Pada teks tantangan yang berjudul "Kebijakan Mobil Murah" terdapat beberapa kata sulit yang perlu dicari pengertiannya/definisinya. Untuk dapat mendefinisikan kata-kata sulit tersebut kalian membutuhkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sehingga pengertian/definisi yang diberikan benar-benar tepat. Setelah itu kalian menyusun kalimat yang menggunakan kata-kata sulit tersebut. Berikut adalah beberapa kata-kata sulit yang terdapat pada teks tantangan "Kebijakan Mobil Murah".


No.Kata-Kata SulitDefinisi
1.pemerintahSekelompok orang yang secara bersama-sama memikul tanggung jawab terbatas untuk menggunakan kekuasaan.
2.insentiftambahan penghasilan seperti uang, barang, dan sebagainya yang diberikan untuk dapat meningkatkan gairah kerja.
3.komprehensifluas dan lengkap yang berkaitan tentang ruang lingkup atau isi.
4.studi bandingkonsep belajar yang dilakukan di lokasi dan lingkungan berbeda-beda.
5.city carmobil kecil yang diperuntukkan untuk penggunaan di dalam kota.
6.subsidibantuan uang dan sebagainya; kepada yayasan, perkumpulan, dan lain sebagainya, biasanya dari pihak pemerintah.
7.kebijakanrangkaian konsep dan asas yang menjadi garis besar dan dasar rencana dalam pelaksanaan suatu pekerjaan, kepemimpinan, dan cara bertindak biasanya berkaitan tentang pemerintahan, organisasi, dan lain sebagainya.
8.strategisberhubungan, bertalian, berdasar strategi.
9.infrastrukturfasilitas fisik yang dikembangkan atau dibutuhkan oleh agen-agen publik untuk fungsi-fungsi pemerintahan dalam penyediaan seperti air, tenaga listrik, pembuangan limbah, transportasi dan pelayanan.
10.transportasipengangkutan barang oleh berbagai jenis kendaraan yang sesuai dengan kemajuan teknologi.

Selanjutnya kalian diminta untuk mencari dan membuat kalimat berdasarkan kata-kata sulit diatas. Dengan demikian akan menambah pemahamanmu mengenai kata-kata sulit tersebut. Berikut adalah contah kalimat dari kata-kata sulit diatas:


No.Kata-Kata SulitContoh kalimat
1.pemerintahPemerintah daerah merujuk pada otoritas administratif di suatu daerah yang lebih kecil.
2.insentifGrab memberikan hadiah tahun baru berupa insentif yang sangat tinggi kepada pekerja.
3.komprehensifPelaksanaan tata ruang perlu dilakukan secara komprehensif, mulai dari pengaturan, pembinaan, pelaksanaan, serta pengawasan.
4.studi bandingKegiatan studi banding dilakukan oleh kelompok kepentingan untuk mengunjungi atau menemui obyek tertentu yang sudah disiapkan.
5.city carMobil City Car Terbaik yang ada di indonesia memiliki spesifikasi yang baik.
6.subsidiSebagai pemohon, masyarakat yang mengajukan KPR subsidi patut mendapatkan beberapa hak.
7.kebijakanKebijakan anti-imigran gelap yang diluncurkan pemerintahan Presiden AS Donald Trump.
8.strategisIndonesia memiliki rencana strategis (renstra) yang telah disusun dan disepakati oleh masyarakat.
9.infrastrukturHal ini menurutnya akan semakin memperkuat infrastruktur untuk membangun smart city.
10.transportasiInformasi mengenai sarana transportasi di Jepang, seperti lokasi bandara di jepang dan stasiun kereta di jepang.


Mengklasifikasi Data


Di samping kalian bisa memahami kata-kata sulit yang ada di dalam teks “Kebijakan Mobil Murah", kalian juga dapat melakukan klasifikasi data di dalam teks tersebut. Perlu kalian ketahui bahwa teks terdiri atas sekumpulan data dan informasi yang membangun pada teks tersebut. Untuk itu, pada bagian ini kalian diminta untuk mengamati data yang ada di dalam teks “Kebijakan Mobil Murah”. 

Temukan data apa saja yang ada di dalam teks “Kebijakan Mobil Murah", kemudian kalian tentukan pula pada kalimat mana sumber data yang kalian dapatkan. Untuk itu kalian dapat melihat contoh data dalam teks “Kebijakan Mobil Murah" dibawah ini:

No.DataSumber Data dalam KalimatStruktur Teks
1.Pemerintah,  mengeluarkan
kebijakan, pengadaan mobil murah
Pemerintah dalam waktu dekat akan mengeluarkan kebijakan pengadaan mobil murah.isu (masalah)
2.Mobil, dioperasionalkan, wilayah perdesaanMobil ini, rencananya, akan dioperasionalkan di wilayah perdesaan,
3.Murah, ramah lingkunganDi samping murah, mobil ini dirancang ramah lingkungan.
4.Pemerintah, insentif pajakSupaya bisa berjalan dengan baik, pemerintah akan memberikan insentif pajak bagi pembelii mobil yang ramah lingkungan.
5.Berbagai kalangan, mobil murah, ramah lingkungan, kebijakan, komprehensifMenurut berbagai kalangan, munculnya mobil murah dan ramah lingkungan adalah contoh kebijakan yang tidak dibahas secara komprehensif.Argumen menentang
6.Kebijakan , masalah.Akhirnya, kebijakan itu dapat menimbulkan masalah.
7.Mobil murah, tim pemerintah, studi banding, IndiaAwalnya, usul mobil murah itu dilontarkan tim pemerintah setelah studi banding ke India.
8.Gagasan, pemerintah, mobil murah, pedesaanGagasannya adalah pemerintah membuat mobil murah untuk kawasan perdesaan.
9.Mobil, mobil kecil, kendaraan, teknologiNamun, kini mobil yang muncul adalah mobil-mobil kecil yang bentuknya lebih mirip city car.
10.Mobil murah, ramah lingkungan, subsidi, bahan bakar minyakTidak mustahil, menurut berbagai kalangan, keberadaan mobil murah dan ramah lingkungan akan semakin meningkatkan subsidi bahan bakar minyak (BBM).
11.Pemerintah, minyak, luar negeriUjung-ujungnya, beban pemerintah untuk membeli minyak dari luar negeri semakin meningkat.
12.Beban rakyat, kebijakanHal itu akan berujung pada beban rakyat. Dengan demikian, kita perlu berhitung-hitung, apakah kebijakan ini menguntungkan rakyat atau tidak?
13.Pemerintah, kebijakan strategisSebagai gantinya, pemerintah diminta memikirkan kebijakan strategis yang lain.Simpulan
14.Pakar transportasi, infrastruktur transportasi, negara kepulauanPakar transportasi menyarankan bahwa pemerintah lebih baik membangun infrastruktur transportasi laut dan udara karena Indonesia merupakan negara kepulauan.

Google Ads

KerjaLebah

Tempat berbagi ilmu pelajaran

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top