Memahami Teks Rekaman Percobaan “Percobaan Membuat Teleskop Sederhana”

Pada Tugas 1 ini kalian diminta untuk dapat memahami struktur dari teks rekaman percobaan. Sebelum kalian memahami lebih dalam lagi tentang pengertian dan struktur teks rekaman percobaan, berikut ini telah disajikan teks rekaman percobaan berjudul “Percobaan Membuat Teleskop Sederhana”. Teks rekaman percobaan yang berjudul “Percobaan Membuat Teleskop Sederhana” adalah model dalam pembelajaran kita kali ini. Setelah membaca teks berikut, kalian diharapkan untuk dapat termotivasi dalam melakukan percobaan-percobaan yang bisa menjadi solusi dari permasalahan yang ada. Untuk itu, silahkan kalian baca dan pahamilah makna teks berikut ini dengan cermat!

Pada kehidupan sehari-hari, kita mungkin pernah menghadapi berbagai kendala dan juga masalah. Kendala dan masalah tersebut muncul apabila apa yang kita inginkan tidak dapat berjalan dengan baik. Dalam menghadapi kendala dan juga masalah-masalah tersebut diperlukan sebuah solusi untuk dapat menyelesaikannya. Kendala dan masalah itu bukan hanya untuk dipikirkan saja, melainkan untuk dicari sebuah penyelesaiannya. Solusinya dapat diperoleh dengan berbagai percobaan atau sebuah eksperimen. Pecobaan dalam mengatasi masalah yang akan dihadapi tersebut dapat dilakukan cara yang kreatif dan ilmiah. Cara untuk melakukan percobaan yang kreatif dan ilmiah ini harus dilalui dengan berbagai langkah-langkah yang runtut dan pastinya benar. Dengan berbagai percobaan yang dilakukan, akan menemukan hal-hal yang dapat dihargai orang. Bahkan, kalian dapat dikenal banyak orang.

Teks rekaman percobaan merupakan teks yang berisi rekaman sebuah percobaan yang telah dilakukan/dilaksanakan. Struktur teks dari teks rekaman percobaan ini merupakan bagian-bagian yang menjadi pendorong teks rekaman percobaan ini. Struktur dalam teks rekaman percobaan tersebut terdiri atas empat bagian yaitu : 1) Tujuan serta alat dan bahan, 2) Langkah-langkah, 3) Hasil, dan 4) Simpulan.

StrukturIsi teks
Tujuan serta
alat dan bahan
Guna mengamati benda-benda di langit tentu dibutuhkan alat yang canggih dan mahal yang disebut dengan teleskop. Teleskop merupakan sebuah teropong besar. Ilmu astronomi adalah ilmu yang mempelajari benda-benda langit merupakan ilmu yang tidak dapat dilepaskan dari teleskop. Hal ini pula yang membuat astronomi mengalami perkembangan yang tidak cukup baik bagi negara berkembang, karena banyak orang yang berpendapat bahwa astronomi membutuhkan teleskop yang mahal dan berteknologi tinggi, padahal teleskop sederhana dapat dibuat dan pengamatan sederhana dapat dilakukan.

Berikut ini alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat sebuah teleskop sederhana:
  1. Lensa objektif LUP (kaca pembesar)/lensa cembung praktikum (biasa dijual di toko alat laboratorium) dengan diameter 5 cm.
  2. Pipa PVC dan perlup (sambungan pipa) dengan panjang kira-kira 30 cm.
  3. Perkakas seperti gergaji kecil dan lem perekat.
  4. Lensa okuler (bisa menggunakan lensa binokuler atau lensa mikroskop) / bisa juga dengan membeli lensa di toko alat laboratorium dengan diameter 2,5 cm.
Langkah-langkahAdapun cara pembuatan teleskop sederhana adalah seperti berikut.

Pertama, tentukan panjang badan teleskop.

Kedua, potong pipa PVC yang panjangnya sudah diketahui.

Ketiga, letakkan lensa objektif ke dalam sambungan pipa, lalu sambungkan sambungan pipa yang sudah berisi lensa tadi di ujung paling depan pipa PVC yang sudah diukur. Ingat lensa objektif selalu terletak di depan lensa okuler.

Keempat, pasangkan perlup di ujung paling belakang pipa

Kelima, letakkan lensa okuler di perlupnya
HasilSetelah melalui langkah-langkah tersebut, kini teleskop sederhana sudah dapat digunakan untuk mengamati benda-benda langit, seperti kawah bulan ataupun planet-planet terdekat bumi. Teleskop sederhana dan murah ini dapat kamu gunakan untuk mengamati benda-benda yang jaraknya cukup jauh.
SimpulanUntuk mengamati benda langit yang jaraknya jauh ternyata tidak selalu harus menggunakan alat yang super canggih dan mahal, kamu cukup menggunakan benda-benda yang mudah didapatkan. Sebelum melakukan pengamatan ada baiknya melihat waktu terbit dan tenggelam serta arah objek yang akan diamati.

Sekarang kalian disuruh untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di bawah ini! Kemudian, kalian disuruh untuk mencocokkan jawabanmu dengan jawaban teman sebangkumu! Jika terdapat beberapa perbedaan jawaban, gunakanlah perbedaan tersebut sebagai ajang sebuah diskusi. Mintalah guru kalian sebagai pendamping dalam diskusimu!

1. Apakah yang dimaksud dengan teleskop? Teleskop adalah sebuah teropong besar yang digunakan di dalam astronomi.

2. Apakah fungsi teleskop? Fungsi teleskop ialah untuk mengamati benda benda langit.

3. Benarkah teleskop harus canggih dan mahal? Tidak benar. Berikan alasanmu? Alasannya yaitu karena dalam membuat teleskop, itu sangat sederhana dan hanya dengan menggunakan benda-benda yang mudah untuk didapat.


4. Sebutkan alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan teleskop sederhana?
Alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan teleskop sederhana adalah

  1. Lensa objektif LUP(kaca pembesar)/ lensa cembung praktikum dengan diameter 5 cm.
  2. Pipa PVCdan perlup dengan panjang 30 cm.
  3. Gergaji kecil dan lem perekat.
  4. Lensa okuler dengan diameter 2.5 cm.


5. Apa langkah pertama yang perlu dilakukan dalam pembuatn teleskop sederhana? Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam pembuatn teleskop sederhana yaitu dengan menentukan panjang badan teleskop.

6. Apa langkah terakhir yang perlu dilakukan dalam pembuatan teleskop sederhana? Langkah terakhir yang perlu dilakukan dalam pembuatan teleskop sederhana yaitu dengan meletakan lensa okuler di perlupnya.

7. Benda apa sajakah yang dapat dilihat dengan menggunakan teleskop ? Kawah bulan atau planet planet terdekat.

8. Apa yang disampaikan penulis pada paragraf 1 dan 2 ? Pada paragraf 1 dan 2 penulis menyampaikan tentang tujuan dan alat dan bahan pembuatan teleskop sederhana.

9. Apa yang disampaikan penulis pada paragraf 3 ? Pada oaragraf 3 penulis menyampaikan cara pembuatan teleskop sederhana.

10. Apa pula yang disampaikan penulis pada paragraf 4 dan 5 ? Pada paragraf 4 dan 5 penulis menyampaikan tentang hasil dan kesimpulan dari pembuatan teleskop sederhana.

11.Apa pelajaran yang dapat kamu ambil setelah membaca dan memahami "percobaan membuat teleskop sederhana" ?
Pelajaran yang dapat saya ambil adalah membuat teleskop itu tidak harus canggih dan mahal, cukup dengan alat dan bahan yang mudah ditemukan kita bisa membuat teleskop yang sederhana dan kita bisa melihat bintang dan planet planet terdekat dengan harga yang murah.

Tentunya kalian paham sudah dengan teks rekaman percobaan ini, sekarang kalian diminta untuk menjawab pertanyaan yang ada dibawah ini:

1) Apakah kamu setuju dengan pernyataan bahwa struktur teks di atas adalah tujuan serta alat dan bahan, langkah-langkah, hasil, dan simpulan?
Saya setuju karena pada paragraf pertama (orientasi)terdapat pengenalan tokoh, latar, dan suasana yang merupakan bagian dari orientasi/tahap penyituasian.
pada paragraf kedua yaitu (komplikasi) masalah  pun mulai bermunculan yaitu ketika ia bimbang dan bingung dalam memilih sehingga saya setuju jika itu tahap komplikasi
pada paragraf ketiga (resolusi) terdapat penyelesaian masalah dan akhirnya ia mendapatkan semua keinginannya dengan cara yang kreatif.

2) Apakah perbedaan antara struktur teks prosedur dan teks rekaman percobaan dalam teks “Percobaan Membuat Teleskop Sederhana”?
Teks Prosedur dan Teks Rekaman Percobaan memiliki struktur yang berbeda-beda. Teks Prosedur memiliki struktur yaitu 1. Tujuan 2. Langkah-langkah. Sedangkan Teks Rekaman Percobaan memiliki struktur teks yaitu 1. Tujuan serta alat dan bahan 2. Langkah-langkah 3. Hasil 4. Simpulan.
Dalam struktur teks prosedur "Percobaan Membuat Teleskop Sederhana" memiliki tujuan untuk mengamati benda-benda di langit tentu dibutuhkan alat yang canggih dan mahal yang disebut dengan teleskop. dan Langkah langkahnya yaitu Adapun cara pembuatan teleskop sederhana adalah seperti berikut: Pertama, tentukan panjang badan teleskop. Kedua, potong pipa PVC yang panjangnya sudah diketahui. Ketiga, letakkan lensa objektif ke dalam sambungan pipa, lalu sambungkan sambungan pipa yang sudah berisi lensa tadi di ujung paling depan pipa PVC yang sudah diukur. Ingat lensa objektif selalu terletak di depan lensa okuler. Keempat, pasangkan perlup di ujung paling belakang pipa. Kelima, letakkan lensa okuler di perlupnya

KerjaLebah

Tempat berbagi ilmu pelajaran

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top