Latihan Soal Try Out Bahasa Indonesia SMP (Pembahasan Lengkap) 2017 No 16 - 30

Berikut ini merupakan soal lanjutan untuk nomor soal 16 sampai 30. Pada soal lanjutan ini sudah terdapat jawaban sekaligus dengan pembahsannya. Maka kalian diharapkan untuk belajar lebih maksimal lagi dengan cara berlatih terus menerus supaya menemukan pengetahuan baru.

Jika kalian belum lihat soal nomor 1 sampai dengan 15 silahkan lihat disini "Latihan Soal Try Out SMP Bahasa Indonesia (Pembahasan Lengkap) 2017"

16.      Bacalah kutipan teks berikut ini!
     Tekhnik Informatika adalah salah satu jurusan yang hingga kini masih menjadi primadona. Bagaimana tidak? Banyaknya lapangan pekerjaan yang dapat menyerap tenaga kerja lulusan jurusan Tekhnik Informatika ini membuat siapapun berminat memilihnya. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga berminat memilih jurusan ini?

Kata tercetak miring "primadona" tersebut mengandung makna ...
A.     Tekhnik Informatika menjadi pilihan utama hingga saat ini.
B.     Tekhnik Informatika membutuhkan banyak lapangan pekerjaan.
C.     Tekhnik Informatika menjadi jurusan terbaik hingga saat ini.
D.     Tekhnik Informatika memberikan peluang besar dalam mencari pekerjaan.

Pembahasan :

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) kata primadona memiliki arti yaitu "primadona/pri·ma·do·na/ yang paling utama, penting, dan sebagainya (tentang barang dagangan) -- berita berita utama dan paling digemari" Apabila dihubungkan pada kalimat diatas kata primadona memiliki arti yang tepat pada pilihan jawaban A. Pilihan jawaban B, C dan D tidak tepat karena tidak sesuai dengan arti dari primadona.

17.      Cermati kutipan fabel berikut ini !
     Di sebuah hutan lebat, ada seekor kelinci yang terkenal mampu berlari dengan cepat. Dia dijuliuki pelari tercepat di hutan itu. Bahkan semua hewan juga mengakui kecepatan larinya. Tapi sayang, ketenaran yang dimiliki si kelinci membuat dia menjadi tinggi hati. Dia selalu menyombongkan kemampuannya di depan setiap hewan yang dilewatinya. Dia selalu berlari dengan cepat sehingga menerbangkan debu di sekitarnya dan membuat hewan yang dilaluinya menjadi terbatuk-batuk.

Pernyataan yang menunjukan watak tokoh kelinci tinggi hati adalah ...
A.    Kelinci selalu berlari dengan cepat, tetapi saat di depan hewan lain ia berhenti berlari.
B.    Kelinci berlari dengan lambat, sehingga diejek-ejek hewan lain.
C.    Kelinci selalu berlari di depan hewan lain dengan cepat sehingga menerbangkan debu disekitarnya.
D.    Kelinci selalu berlari dengan cepat, tetapi saat di depan hewan lain ia menyempatkan untuk menyapa.

Pembahasan :

Untuk mencari pernyataan yang menunjukkan watak tokoh kelinci diperlukan ketelitian. Pernyataan yang menunjukkan watak dari tokoh kelici pada kutipan fabel diatas terdapat pada kalimat "Dia selalu berlari dengan cepat sehingga menerbangkan debu di sekitarnya dan membuat hewan yang dilaluinya menjadi terbatuk-batuk." Pada kalimat tersebut telah membuktikan bahwa kelici memiliki sifat sombong. Jadi pilihan jawaban yang paling sesuai dengan kalimat tersebut terdapat pada pilihan jawaban C. Pilihan jawaban A, B dan D bukan menunjukkan watak dari kelinci.

18.     Bacalah kutipan teks diskusi berikut!
     Pada umunya sosial media digunakan oleh remaja untuk membicarakan tentang kehidupan mereka, juga berbicara tentang apa yang mereka lakukan sehari-hari. Bahkan mereka menunjukan eksistensi diri lewat jejaring sosial untuk mengatakan di mana mereka pergi atau tempat-tempat yang mereka sukai untuk didatangi. Namun tidak semua remaja seperti itu, karena banyak remaja yang menggunakan jejaring sosial untuk mengkritik, berdiskusi atau untuk menemukan suatu peluang bisnis baru.

     Remaja saat ini tumbuh dengan di zaman internet. Tetapi, apakah hal ini akan berdampak ketika mereka dewasa nanti? Lewat jejaring sosial, orang dapat saling berkomunikasi walaupun jaraknya jauh. Mereka dapat memberikan data privasi mereka, nomer telepon, alamat, bahkan data keluarga serta hal lain yang seharusnya tidak di ekspos. Siapapu langsung dapat berkenalan, meskipun tanpa mengetahui latak belakangnya. Celakanya lagi, berbagai pemahaman dapat dengan mudah masuk ke remaja bila tidak ada filter yang kuat di kehidupan remaja tersebut.

Kata tercetak miring "eksistensi" pada kutipan teks diskusi diatas mengandung makna ...
A.     Perhatian
B.     Muncul
C.     Berkembang
D.     Pergumulan

Pembahasan : 

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) kata eksistensi memiliki arti yaitu "eksistensi/ek·sis·ten·si/ /éksisténsi/ n hal berada; keberadaan:" Jadi jika dihubungkan dengan kutipan teks diatas arti kata eksistensi terdapat pada jawaban B. Pilihan jawaban A, C dan D tidak tepat karena tidak ada hubungannya dengan arti kata keberadaan.

19.     Perhatikan teks tantangan berikut ini !
     Anak usia dibawah umur mengendarai kendaraan bermotor hingga menimbulkan kecelakaan lalu-lintas tidak hanya terjadi di Jakarta, tetapi juga terjadi di beberapa daerah. Di beberapa daerah, anak SMP sudah diizinkan orangtuanya mengendarai sepeda motor kesekolah. Padahal, dari sisi usia mereka belum berhak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

     Banyak pro dan kontra terhadap masalah siswa yang tidak boleh mengendarai sepeda motor ke sekolah. Ada beberapa orangtua yang mengizinkan anaknya untuk mengendarai motor kesekolah, hal itu di utarakan oleh salah satu pelajar SMP. Dengan mengendarai motor pengeluarannya  bisa hemat. Orangtua membelikan anaknya motor untuk maksud itu. “Untuk itu saya hati-hati di jalan” ujar salah seorang siswa SMP. Namun sikap berbeda disampaikan oleh Kosasim, warga Rutan Kayu, Jakarta. Ia mengatakan tidak pernah membiarkan anaknya mengendarai kendaraan sendiri karena bisa dijemput oleh orangtua di sekolah, apalagi sampai ugal-ugalan dijalan. ”Biar sedikit repot, asalkan anak tetap aman apalagi ia masih dibawah umur,” kata Kosasim.

Pernyataan yang menunjukan tokoh Kosasim taat peraturan lalu-lintas terhadap anaknya adalah ...
A.     Kosasim tidak megizinkan anaknya membawa motor karena Kosasim ingin menjemput anaknya.
B.     Kosasim tidak mengizinkan anaknya membawa motor karena takut terjadi kecelakaan.
C.     Kosasim tidak mengizinkan anaknya membawa motor karena ingin anaknya tetap aman.
D.    Kosasim tidak mengizinkan anaknya membawa motor karena masih dibawah umur.

Pembahasan :

Pernyataan yang menunjukkan Kosasim taat peraturan ditunjukkan pada kalimat "Ia mengatakan tidak pernah membiarkan anaknya mengendarai kendaraan sendiri karena bisa dijemput oleh orangtua di sekolah, apalagi sampai ugal-ugalan dijalan." Jika sudah ada kalimat yang menunjukkan kemudian carilah inti dari kutipan teks diatas. Ininya yaitu anak usia dibawah umur yang mengendarai motor. Jadi jawaban yang tepat ialah D. Pilihan jawaban A, B dan C merupakan penjabaran dari ini kutipan diatas.

Potongan kutipan teks tantangan berikut untuk soal nomor 20-21!
1) Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perindustrian tentang kebijakan mobil murah yang akan disahkan serta dioprasionalkan di wilayah Jakarta.
2) Peraturan Menteri Perindustrian tentang kebijakan mobil murah di gugat warga Jakarta ke Mahkamah Agung (MA).
3) “Kami akan mendaftarkan gugatan kami ke MA hari ini pukul 10:00 WIB tentang kebijakn mobil murah yang beroprasional di Jakarta,” cetus Sunggul saat berbincang dengan detik.com, Cirebon (17/1/2014).
4) Duduk sebagai penggugat, yaitu warga Ceger, Cipayung, Guntur Siregar dan warga Utan Kayu.
5) “Akibat peraturan tersebut, semakin banyak mobil pribadi di Jakarta sehingga semakin menambah polusi udara dan kemacetan,” cetus Sunggul.

20. Latar tempat pada kutipan teks tantangan tersebut adalah ...
A.    Cipayung
B.    Cirebon
C.    Bandung
D.    Jakarta

Pembahasan :

Latar tempat pada kutipan teks tantangan diatas dapat ditunjukkan pada salah satu kalimat nomor 2, 3 dan 5. Pada kalimat nomer 2 itu merupakan warga yang tinggal di daerah tersebut. Jadi jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban D. Pilihan jawaban A, B dan C tidak benar karena bukan di kota kota itu tempat kejadiannya.

21.    Perhatikan kutipan berikut!
    (1) Nek, Didi minta makan sekarang, ya Nek? Tanyanya mencoba merayu perempuan tua itu. (2) Nenek diam saja. (3) Tak peduli. (4) Boleh, Nek boleh? (5) Didi terkejut dibentak nenek. (6) Aku bilang tunggu, tunggu! Kau tidak mengerti? Tunggu, sebentar lagi kakekmu pulang. (7) Diam-diam Didi melihat jam di atas meja kecil dekat radio. Sudah pukul tiga ...
  
Suasana tegang dalam kutipan  cerpen tersebut ditunjukkan nomor....
a.    1 dan 2                        c.  5 dan 6
b.    3 dan 4                        d.  6 dan 7

Pembahasan :

Suasana tegang pada kutipan cerpen diatas terdapat pada kalimat 5 yaitu "Didi terkejut dibentak nenek" karena Didi dibentak akhirnya ia terkejut dan menyebabkan susasa menjadi tegang dan pada kalimat nomor 6 "Aku bilang tunggu, tunggu! Kau tidak mengerti? Tunggu, sebentar lagi kakekmu pulang" merupakan puncak masalah yang menyebabkan suasana menjadi tegang. Jadi kalimat yang menunjukkan suasana tegang terdapat pada pilihan jawaban C. Pilihan jawaban A, B dan C kurang tepat karena itu bukan menunjukkan suasana tegang.

22.    Perhatikan kutipan cerita berikut!
     Tadi pagi aku ngamuk. Rasanya ini amukanku yang terdahsyat sepanjang sejarah. Kesel…. Banget. Sumbernya, yah, siapa lagi kalau bukan si Ijah. Itu pembantu baru yang suka bikin takjub orang serumah. Bayangkan saja, makalah kewiraan yang sudah setengah mati kubuat, seenaknya saja di buang ke tempat sampah. Dia tidak tahu betapa besarnya pengorbananku untuk membuat makalah itu. Tiga malam nyaris tidak tidur bahkan, sinetron yang setiap minggu malam selalu kunantikan kehadirannya, kali ini terpaksa ku cuekin. Eh… tahu-tahu hasil kerjaku dilempar ke tempat sampah. Gimana aku tidak kesal. Biar kamarku berantakan kaya kapal pecah, juga gak apa-apa asal kertas-kertas berharga ku aman. Ijah, ijah kamu kira gampang bikin makalah segampang bikin sambal terasi?

Tokoh ijah dalam kutipan cerpen tersebut diketahui dengan cara…
A.    Dialog antar tokoh
B.    Diceritakan tokoh lain
C.    Diceritakan oleh pengarang
D.    Pelukisan tindakan

Pembahasan :

Pada kutipan cerpen diatas, tokoh Ijah sudah dari awal diceritakan oleh tokoh Aku. Untuk membuktikannnya terdapat pada kalimat "... Sumbernya, yah, siapa lagi kalau bukan si Ijah." Jadi pilihan jawaban yang tepat adalah B. Pilihan jawaban A, B dan C tidak sesuai dengan kutipan cerita diatas.

23.    Bacalah kutipan teks berikut  yang berjudul "Uang Kembalian"
     Setelah megetahui uang kembaliannya lebih, cukup lama Mariati termenung dan berpikir. Akhirnya, Ia memutuskan untuk tidak mengembalikan uang kembalian yang lebih itu. Ia tampak gembira sekali. Segera dikayuhnya sepedanya perlahan-lahan sambal bersiul meninggalkan toko itu. Menurutnya, pelayan toko itu sudah lupa akan kekeliruannya.
     “Ini kan rezekiku, “katanya dalam hati. Hari-hari berikutnya Mariati gelisah, tidak tenang karena selalu memikirkan hal itu.

Amanat yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah…
A.    Janganlah terlalu lama merenung dan berpikir dalam memutuskan sesuatu
B.    Jika menerima sesuatu yang bukan milik kita, kembalikan kepada pemiliknya agar perasaan kita tenang
C.    Bila menerima uang kembalian lebih ketika berbelanja, anggaplah rezekimu
D.    Berhati hati bila berbelanja apalagi menggunakan sepeda di jalan raya

Pembahasan :

Amanat merupakan suatu hal yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca. Jadi amanat yang dapat kita ambil dari cerpen diatas adalah "Jangan menerima sesuatu yang bukan milik kita" maka pilihan jawaban yang tepat adalah B. Pilihan jawaban A, C dan D tidak tepat karena kurang sesuai dengan kutipan teks diatas.

24.    Watak tokoh Mariati pada kutipan cerpen yang berjudul “Uang Kembalian” adalah…
A.    Ceroboh dan tidak jujur
B.    Serakah dan tidak jujur
C.    Rakus dan ceroboh
D.    Galau dan gelisah

Pembahasan :

Pada teks yang berjudul uang kembalian watak tokoh Mariati dapat dibhuktikan pada kalimat "Ia memutuskan untuk tidak mengembalikan uang kembalian yang lebih itu." Ini membuktikan bahwa tokoh Mariati meiliki sifat serakah dan ia tidak jujur. Jadi pilihan jawaban yang tepat adalah B. Pilihan jawaban A, C dan D tidak tepat karena tidak sesuai dengan sifat Mariati.

25. Bacalah kutipan teks berikut  yang berjudul "Landak dan Serigala".
    Seketika itu juga mereka kalang kabut. Tiba-tiba gerombolan serigala mengejar binatang-binatang   yang ada di rumah Kuku. Kura-kura, monyet, kancil dan kambing sudah tertangkap oleh serigala. Seketika itu juga landak marah. Dia tidak terima teman-temannya di tangkap serigala.

Suasana kutipan fabel tersebut adalah…
A.    Takjub dan senang
B.    Kaget dan gembira
C.    Marah dan takut
D.    Takut dan takjub

Pembahasan :

Suasana pada kutipan fabel diatas terdapat pada kalimat "Seketika itu juga mereka kalang kabut. Tiba-tiba gerombolan serigala mengejar,..." pada kalimat ini membuktikan bahwa suasananya kaget takut dan takjub. Kemudian juga terdapat pada kalimat "Seketika itu juga landak marah." ini membuktikan bahwa suasana tersebut adalah marah. Jadi pilihan jawaban yang tepat adalah C. Pilihan jawaban A, B dam D tidak tepat karena tidak sesuai dengan suasana yang terjadi pada kutipan teks fabel diatas.

26.     Amanat yang terdapat pada kutipan cerpen yang berjudul “Landak dan Serigala” adalah…
A.    Bantulah teman yang sedang kesusahan
B.    Peduli ketika teman mengalami musibah
C.    Marah ketika teman dimakan serigala
D.    Berhati-hatilah jika ada serigala

Pembahasan :

Amanat yang sesuai dengan kutipan fabel diatas dapat kita hubungkan dengan inti dari cerita fabel tersebut. Inti dari kutipan fabel tersebut adalah serigala yang ingin menangkap hewan lain dan hewan tersebut mengalami musibah yaitu temannya yang ditangkap. Maka dari itu dapat kita ambil sebuah amanat yaitu bantu jika ada teman yang mengalami musibah. Pilihan jawaban yang sesuai adalah B. Pilihan jawaban A kurang tepat, bukan teman yang sedang kesusahan tapi ketika teman mengalami musibah, pilihan jawaban C dan D kurang tepat.

27.    Perhatikan kutipan cerpen berikut!

    Mereka larut dalam tawa dan obrolan yang tak jelas arahnya. Aku memandangnya dari balik meja yang penuh makanan dan minuman. Duduk diam dan menatapnya dalam-dalam. Aku mencoba ingin ditatap mereka dengan menumpahkan minuman, tapi tak ada yang mengalihkan perhatian padaku, semua sibuk dengan kegembiraan ini. Kuputuskan untuk ke luar  dan mengamati keceriaan anak-anak yang berkejaran di halaman.

Makna simbol sikap tokoh “aku” dalam kutipan cerpen tersebut adalah…
A.    Ingin di tumpahkan minuman
B.    Ingin diperhatikan
C.    Ingin dipuji
D.    Ingin diajak bersenang-senang

Pembahasan :

Pada kutipan cerpen diatas tokoh aku memiliki sikap yang ingin diperhatikan oleh teman-temannya. Dan ditunjukkan pada kalimat "Aku mencoba ingin ditatap mereka dengan menumpahkan minuman,..." "tapi tak ada yang mengalihkan perhatian padaku,..." Jadi jawaban yang tepat adalah B. Pilihan jawaban A, C dan D tidak benar karena tidak sesuai dengan cerpen diatas.

28. Wulan heran, megapa lelaki itu begitu baik mau menmbayarkan ongkos busnya, padahal Wulan tak kenal sama sekali. “Astaga, jangan jangan…” Melintas kembali pikiran buruk dibenaknya. “jangan-jangan lelaki it mau menculikku, dia membayariku supaya aku tidak curiga kepadanya”. Jantung Wulan kembali berdegub kencang. Baru saja kemarin, ia membaca koran tentang penculikan anak-anak. Seingat Wulan, lelaki itu tadi juga naik dari sekolahnya.

Pesan tersirat dari kutipan cerpen tersebut adalah…
A.    Kita harus mencurigai yang belum dikenal
B.    Kita tidak bisa membedakan orang baik dan orang jahat
C.    Kita harus berbuat baik kepada siapa saja
D.    Kita harus selalu waspada disetiap kesempatan

Pembahasan :

Pesan tersirat merupakan pesan yang tidak terdapat pada teks atau bisa dibilang secara lisan. Pesan tersirat dari kutipan cerpen diatas adalah harus selalu waspada karena kita belum mengetahui apakah orang itu baik atau jahat. Jadi pilihan jawaban yang tepat adalah D. Pilihan jawaban A, B dan C kurang tepat karena tidak sesuai pada cerpen diatas.

 Perhatikan kutipan teks eksposisi berikut untuk soal no.29!
    Ekonomi rakyat adalah sebuah aktivitas ekonomi bagi rakyat. Apabila ini dikaitkan dengan aktivitas pertanian, maka yang dimaksud dengan aktivitas ekonomi rakyat adalah sebuah aktivitas ekonomi petani, peternak, nelayan kecil, petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu,dan bukan perkebunan atau peternakan besar atau, dan sejenisnya
Argumen lain dari ekonomi rakyat bisa juga dilihat dari sebuah ideologi yang jargoannya adalah: “ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”.
“Dari rakyat” yang artinya adalah aktivitas ekonomi itu berkaitan dengan penguasaan rakyat dan aksesibilitas rakyat terhadap sebuah sumber daya ekonomi. Rakyat menguasai dan memiliki hak atas sumber daya untuk mendukung kegiatan produktif dan konsumtifnya. “Oleh rakyat” yang artinya adalah proses produksi dan konsumsi dilakukan diputuskan oleh rakyat. “Untuk rakyat” yang intinya adalah segala aktivitas ekonomi yang dilakukan itu pada akhirnya di peruntukkan untuk kesejahteraan rakyat juga.

29.     Simbol aksesibilitas tersebut mengandung makna . . .
A.    Keterkaitan               
B.    Keterbukaan       
C.    Penerimaan       
D.    Kemampuan

Pembahasan :

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) arti kata aksesibilitas yaitu "aksesibilitas/ak·se·si·bi·li·tas/ /aksésibilitas/ n hal dapat dijadikan akses; hal dapat dikaitkan; keterkaitan:" Jadi jawaban yang paling tepat adalah A. Pilihan jawaban B, C dan D kurang tepat karena jika dihubungkan sedikit tidak nyambung.

Perhatikan kutipan teks eksposisi berikut untuk soal no.30!
      Ekonomi rakyat adalah sebuah aktivitas ekonomi bagi rakyat. Apabila ini dikaitkan dengan aktivitas pertanian, maka yang dimaksud dengan aktivitas ekonomi rakyat adalah sebuah aktivitas ekonomi petani, peternak, nelayan kecil, petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu,dan bukan perkebunan atau peternakan besar atau, dan sejenisnya

     Argumen lain dari ekonomi rakyat bisa juga dilihat dari sebuah ideologi yang jargoannya adalah: “ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”.

     “Dari rakyat” yang artinya adalah aktivitas ekonomi itu berkaitan dengan penguasaan rakyat dan aksesibilitas rakyat terhadap sebuah sumber daya ekonomi. Rakyat menguasai dan memiliki hak atas sumber daya untuk mendukung kegiatan produktif dan konsumtifnya. “Oleh rakyat” yang artinya adalah proses produksi dan konsumsi dilakukan diputuskan oleh rakyat. “Untuk rakyat” yang intinya adalah segala aktivitas ekonomi yang dilakukan itu pada akhirnya di peruntukkan untuk kesejahteraan rakyat juga.

30. Isi tersirat kutipan eksposisi tersebut adalah . . .
A.    Ekonomi rakyat bersifat terbuka dan berkaitan dengan siapa saja
B.    Aktivitas ekonomi bergantung pada pemerintah
C.    Ekonomi rakyat harus dilaksanakan berdasarkan pemanfaatan SDA
D.    Rakyat harus aktif dalam menjalankan ekonomi rakyat

Pembahasan :

Isi tersirat merupakan pemikiran secara lisan yang dapat kita ambil dari kutipan diatas. Sebelum mengetahui isi tersirat dari kutipan eksposisi tersebut, ketahui terlebih dahulu inti dari kutipan tersebut. Inti dari kutipan diatas adalah "Segala aktivitas ekonomi dikuasai oleh rakyat" Dengan begitu jawaban yang tepat adalah A. Pilihan jawaban B, C dan D kurang tepat karena itu merupakan sebuah pernyataan yang berisi penjelasan.

KerjaLebah

Tempat berbagi ilmu pelajaran

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top