Latihan Soal Try Out SMP Bahasa Indonesia (Pembahasan Lengkap) 2017

Apabila kita sering berlatih dengan soal maka apabila dihadapi oleh soal nantinya kita akan mudah untuk menjawabnya dan tentunya tidak kesulitan. Apabila kalian ingin mencari soal soal latihan maka kalian dapa melihatnya dibawah ini.

Berikut ini adalah beberapa kumpulan soal Try Out untuk menghadapi Ujian nasional nantinya. Pada soal dibawah ini sudah terdapat jawaban beserta dengan pembahasannya. Maka kalian diharapkan belajar dengan semaksimal mungkin agar mendapat hasil yang maksimal tentunya.

Pada satu halaman ini hanya terdiri dari 15 soal, kalian dapat melajutinya dengan mengklik soal selanjutnya.

1.    Bacalah teks berikut ini!
“… Di samping murah, mobil ini juga dirancang ramah lingkungan. Supaya bisa berjalan dengan baik, pemerintah akan memberikan insentif pajak bagi yang membeli mobil yang ramah lingkungan.”

Makna kata dari kata yang bercetak miring "insentif" menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah ...
A. Kemudahan                C. Keringanan
B. Kenyamanan               D. Pengurangan


Pembahasan : 

Kata insentif dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu "insentif/in·sen·tif/ /inséntif/ n tambahan penghasilan (uang, barang, dan sebagainya) yang diberikan untuk meningkatkan gairah kerja; uang perangsang". Jadi jawaban yang tepat pada soal diatas ialah Keringanan

2.    Perhatikan Langkah Langkah Pembuatan Kopi!
  1. Masukkan penyaring kopi ke dalam keranjang penyaring.
  2. Tuangkan bubuk kopi yang telah disangrai.
  3. Tentukan jumlah air untuk membuat kopi.
  4. Sambungkan alat pembuat kopi ke penghubung listrik dan nyalakan.
  5. Tunggulah sampai kopi benar benar tercampur sebelum dituang.
  6. Jika anda menggunakan penyaring kertas, singkirkan segera penyaring.
Makna kata yang bercetak miring pada langkah langkah di atas adalah….
A. Menggoreng tanpa minyak
B. Menggoreng biji kopi sampai garing
C. Menggoreng biji kopi tidak dengan minyak, tetapi dengan pasir
D. Menggoreng diatas bara api

Pembahasan :

Kata disangrai memiliki kata dasar berupa sangrai yang memiliki arti dalam KBBI yaitu "sangrai/sang·rai/ v, menyangrai/me·nyang·rai/ v menggoreng tanpa minyak". Jadi jawaban paling tepat adalah A. Menggoreng tanpa minyak.


Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4!

     Nama kecil Ki Hajar Dewantara yakni Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Beliau lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Berasal dari kalangan keluarga Kraton.

     Selain aktif dalam dunia kewartawanan dan tulis menulis, beliau juga aktif di beberapa organisasi sosial dan politik. Pada tahun 1908, beliau aktif sebagai propaganda Boedi Oetomo untuk menyosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia.

     Semangat perjuangan Ki Hajar Dewantara semakin menggebu dalam bentuk perjuangannya hingga pada bulan Nopember 1913 beliau membentuk Komite Boemipoetra hingga melancarkan kritikan terhadap pemerintahan belanda yang ingin merayakan 100 tahun kebebasan Belanda dari penjajahan Prancis dengan menarik uang dari rakyat jajahannya.

     Kepribadian dan perjuangannya dalam dunia pendidikan tidak disangsikan lagi mengingat beliau merupakan pendiri Perguruan Nasional Taman Siswa pada 3 Juli 1922. Sepak terjangnya di dunia pendidikan menjadikannya Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan yang pertama, hingga tanggal lahirnya, yakni 2 Mei dijadikan sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

3. Keistimewaan dari tokoh tersebut adalah....
A. Seseorang yang aktif dalam kegiatan sosial dan politik.
B. Seseorang yang aktif dalam organisasi Boedi Oetomo
C. Pembentuk Komite Bomiepoetra.
D. Tanggal lahirnya dijadikan hari nasional.

Pembahasan :

Keistimewaan tokoh merupakan suatu hal yang tidak dapat semua orang bisa lakukan. Pada teks biografi tentang Ki Hajar Dewantara, ia membentuk sebuah Komite Bomieputra, aktif dalam kegiatan sosial dan aktif dalam organisasi. Carilah ciri khas dari tokoh tersebut yang belum tentu orang lain dapat lakukan. Maka jawaban yang tepat adalah C. Pembentuk Komite Bomiepoetra. Jawaban A, B dan C dapat dilakukan oleh semua orang.

4.    Keteladanan yang dapat diambil dari tokoh tersebut...
A.    Aktif dalam organisasi dan pantang menyerah.
B.    Berani mendirikan organisasi Boedi Oetomo.
C.    Mencetuskan 3 semboyan
D.    Pendiri Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)

Pembahasan : 

Keteladanan tokoh merupakan hal yang terpuji yang dilakukan oleh tokoh tersebut. Pada teks tersebut dapat dilihat pada kalimat "beliau aktif sebagai propaganda Boedi,..." "Semangat perjuangan Ki Hajar Dewantara semakin menggebu,..." Maka jawaban yang tepat adalah A. Aktif dalam organisasi dan pantang menyerah. Pada jawaban B, C dan D kurang tepat dan tidak sesuai pada teks biogradi di atas.

5.    Bacalah kutipan teks berikut ini!
“Dengan berbagai teknologi intensifikasi sederhana, pekarangan dapat menjadi sumber bahan pokok makanan seperti beras, sayur mayur, dan ikan.”

Kutipan teks tersebut merupakan struktur teks pada bagian ....
A. Orientasi             C. Simpulan
B. Tesis                    D. Argumentasi  

Pembahasan :

Teks diatas merupakan teks eksposisi. Teks eksposisi memiliki struktur yaitu Tesis/opini (pembuka), Argumentasi (isi), Penegasan ulang (Penutup). Teks diatas dapat diketahui karena isinya berupa uraian yang bersifat menjelaskan. Jadi jawaban yang tepat pada kutipan teks diatas adalah B. Tesis, tesis ini merupakan awalan, argumentasi ialah masalah, dan penegasan ulang merupakan akhiran. Jawaban A, C dan D kurang tepat karena kutipan teks diatas bukan masalah, simpulan maupun orientasi.

6.    Bacalah teks berikut!
Minat baca masyarakat Indonesia harus ditingkatkan dan buta aksara harus terus diberantas. Peningkatan minat baca perlu dilakukan karena pada masa perkembangan teknologi masyarakat banyak disuguhi informasi dari berbagai media. Media itu harus dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan.

Gagasan utama pada kutipan teks tersebut adalah ...
A. Peningkatan minat baca
B. Minat baca masyarakat yang masih rendah
C. Minat baca masyarakat Indonesia harus ditingkatkan dan buta aksara harus terus diberantas.
D. Pemberantasan buta aksara.

Pembahasan :

Pada teks diatas membahas tentang minat baca masyarakat Indonesia. Untuk mengetahui gagasan utama kita dapat mencari kalimat utamanya terlebih dahulu, biasanya kalimat utama terletak diawal dan diakhir. Pada teks diatas kalimat utama terletak di awal maka jawaban yang tepat adalah B. Minat baca masyarakat yang masih rendah. Pilihan jawaban A, C dan D kurang tepat karena itu kalimat merupkan kalimat penjelas (anak kalimat) dari induknya.

7.    Bacalah teks berikut!
     Hukaman mati terhadap bandar dan pengendar narkotika di Indonesia, rupanya tidak membuat terpidana jera. Hal itu diungkapkan Kombes Pol Sundari, Direktur Pengawasan Tahanan Barang Bukti dan Aset Deputi Bidang Pemberantasan BNN. Ia mengaku, hal itu disebabkan eksekusi terhadap terpidana mati di Indonesia sangat lambat. BNN, katanya, ingin eksekusi segera dilakukan. Namun, sistem hukum yang terdapat di Indonesia, yang membuat tim eksekutor lambat untuk menjalankan tugasnya. Bertitik tolak dari hal tersebut, hukuman mati bagi para pengedar narkoba perlu dihilangkan.

Kalimat utama pada teks tersebut ditunjukkan pada kalimat ke ...
A.    3            C. 5
B.    6            D. 1

Pembahasan :

Cara cepat untuk menentukan kalimat utama adalah dengan melihat kalimat awal dan akhirnya. Kalimat utama yang terletak akhir kalimat biasanya terdapat kata "Dengan demikian, Oleh karena itu, dan lainnya" Maka jika kalimat terakhirnya tidak ada kata kata tersebut maka kalimat utama dari teks diatas adalah kalimat pertama D. 1.

8.    Bacalah ilustrasi dibawah ini!
     Minat baca masyarakat di indonesia harus di tingkatkan dan buta aksara harus terus di berantas. Peningkatan minat baca perlu di lakukan karena pada masa perkembangan teknologi, masyarakat banyak yang di suguhi informasi di berbagai media. Media itu harus di manfaatkan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan. Kemahiran membaca siswa di sekolah, terutama di beberapa sekolah terpencil masih rendah, karena itu dilakukan upaya peningkatan minat membaca dan pemnberantasan buta aksara. Menurut Badan Pusat Statistik Republik Indonesia pada tahun 2011, penduduk Indonesia yang berumur 10 tahun ke atas yang buta aksara sekitar 17,89 persen dan jumlah tertinggi di Papua sekitar 40,59 persen.

Simpulan dari teks diatas adalah...
A. Minat baca Masyarakat di daerah terpencil masih rendah
B. Peningkatan minat baca perlu ditingkatkan dan buta aksara harus di berantas
C. Berbagai media harus dapat  untuk meningkatkan pengetahuan serta minat membaca
D. Sarana buku di berbagai perpustakaan masih kurang jumlahnya dan kurang bervariasi sehingga anak-anak kurang minat baca.

Pembahasan :

Simpulan berisi kalimat utama, jadi dalam menentukan simpulan kita cari terlebih dahulu kalimat utamanya. Kalimat utama pada teks tersebut terdapat pada kalimat pertama "Minat baca masyarakat di indonesia harus di tingkatkan,..." kemudian cari jawaban yang paling mendekati dengan makna dari kalimat tersebut. Jawaban yang tepat adalah B. Peningkatan minat baca perlu ditingkatkan,...

9.     Bacalah ilustrasi berikut ini untuk soal nomor 9!
    Banyak sekolah, terutama di jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, melarang siswanya membawa telepon seluler, tetapi banyak juga sekolah yang membolehkan siswanya membawa telepon seluler dengan berbagai persyaratan. Sebagian orang menganggap bahwa membawa telepon seluler ke sekolah diperbolehkan, tetapi banyak juga yang menganggap bahwa membawa telepon seluler ke sekolah tidak diperbolehkan. Dengan demikian, pelarangan siswa membawa telepon seluler ke sekolah menuai perdebatan.

Tanggapan positif terhadap isi teks di atas adalah…
A. Menurut saya, dengan membawa telpon seluler, siswa dapat berkomunikasi dengan orang tuanya ketika terjadi perubahan jadwal, kondisi darurat, dan sejenisnya.
B. Dengan membawa telepon seluler ke sekolah, banyak aplikasi yang memengaruhi konsentrasi siswa dalam pembelajaran.
C. Menurut saya, siswa juga dapat menggunakan telepon seluler untuk kegiatan melawan hukum yang tentu berdampak negatif pada dirinya sendiri.
D. Siswa bisa membuat contekan dalam telepon seluler dan dapat merujuk ke internet untuk mencari jawaban pada saat ulangan.

Pembahasan :

Tanggapan positif berarti pendapat yang mendukung pernyataan tersebut. Jadi jawaban yang paling tepat dan yang mendukung pernyataan adalah jawaban A. Jawaban B, C dan D tidak sesuai karena bukan pendapat yang mendukung melainkan pendapat yang menolak.

Bacalah ilustrasi berikut ini untuk soal nomor 10!
    Banyak sekolah, terutama di jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, melarang siswanya membawa telepon seluler, tetapi banyak juga sekolah yang membolehkan siswanya membawa telepon seluler dengan berbagai persyaratan. Sebagian orang menganggap bahwa membawa telepon seluler ke sekolah diperbolehkan, tetapi banyak juga yang menganggap bahwa membawa telepon seluler ke sekolah tidak diperbolehkan. Dengan demikian, pelarangan siswa membawa telepon seluler ke sekolah menuai perdebatan.

10.    Kalimat tanggapan negatif yang sesuai dengan teks diatas adalah…
A. Dengan membawa telepon seluler ke sekolah, siswa dapat menghubungi orang tua pada saat terjadi perubahan jadwal, kondisi darurat, dan sejenisnya.
B. Menurut saya, telepon seluler boleh dibawa ke sekolah karena bisa menjadi alat bantu karena telepon seluler telah memiliki banyak fitur seperti kalkulator dan internet.
C. Menurut saya, siswa juga dapat menggunakan telepon seluler untuk kegiatan melawan hukum yang tentu berdampak negatif pada dirinya sendiri.
D. Menurut saya, dengan membawa telepon seluler, setidaknya orang tua merasa nyaman karena dapat berkomunikasi dengan anaknya.

Pembahasan :

Tanggapan negatif sama saja dengan pendapat yang menolak pernyataan. Jadi jawaban yang paling sesuai ialah jawban C. Jawaban A, B dan D tidak benar karena itu merupakan pendapat yang mendukung pernyataan.

11.    Bacalah bacaan berikut dengan tepat
    Kini batik mulai mendunia. Batik selalu dicari dan dijual di pasar lokal dan internasional. Batik sungguh menginspirasi setiap orang. Daya tarik batik tidak hanya terletak dalam proses pembuatannya. Motik batik juga ikut meramaikan perasaan. Ternyata, proses membatik batik menjadi tolak ukur bagi konsumen.
    Warna batik juga memiliki daya pikat yang cukup tinggi. Pada awalnya batik hanya terdiri atas satu warna. Di Jawa Barat warna yang paling populer putih-merah tua dan putih-biru tua. Cirebon terkenal dengan batik mega mendung. Batik solo terkenal dengan warna batik sogan (coklat-putih). Batik Yogyakarta terkenal dengan warana hijau-putih.

    Ringkasan tepat bacaan tersebut adalah…
A. Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri mengenai warna batik
B. Batik cirebon terkenal dengan batik mega mendng
C. Daya tarik batik mengikuti proses pembuatan, motif, dan warna
D. Pada awalnya batik memilii satu wara tetapi kini warna batik bermacam-macam

Pembahasan :

Ringkasan pada bacaan tersebut dapat digabungkan dari gagasan pokok kedua paragraf. Gagasan pokok pada paragraf pertama adalah "Daya tarik batik yang mulai mendunia" dan gagasan pokok pada paragraf kedua adalah "Warna batik yang memiliki daya pikat tinggi". kedua gagsan tersebut diringkas akan menjadi sebuah ringkasan yang terdapat pada pilihan jawaban C. Pilhan jawaban A, B dan D tidak dapat mewakili dari ringkasan dari gagasan kedua paragraf.

12.    Bacalah teks berikut!
Teks 1Teks 2
Kondisi kebersihan lingkungan di perumahan Alam Permai sangat baik. Selokan terpelihara dengan baik dan tidak mampat. Tempat pembuangan sampah pun terorganisasi dengan baik. Setiap rumah memiliki satu tempat sampah yang diletakkan di depan rumah. Tempat sampah berupa tong besar atau drum. Petugas kebersihan mengambil sampah setiap tiga hari sekali. Selain itu, setiap satu bulan sekali warga perumahan Alam Permai melakukan kerja bakti membersihkan selokan dan rumput-rumput liar di sekitar perumahan.Perjalanan kami dari Medan ke Parapat diawali dari iseng aja. Dimulai dari seorang kawan yang ingin meluapkan kegalauannya. Saya sendiri heran, kenapa mesti ke Parapat, itu kan jauh dari Medan. Padahal bisa aja hang out ke café di sekitar kota Medan, toh sama aja rasanya. Ternyata melepaskan rasa galau dicafe dengan keindahan alam yang natural beda rasanya. Parapatlah tempat kealamian yang masih ada. Natural dan indah. Parapat merupakan pintu masuk ke Danau Toba, tempat yang indah di Sumatra Utara.

 Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah…
Teks 1 Teks 2
A. Efektif Tidak efektif
B. Baku Tidak Baku
C. Mudah dipahami Berbelit-belit
D. Santai Resmi


Pembahasan :

Bahasa dalam kedua teks diatas menggunakan bahasa baku dan tidak baku. Pada teks 1 menggunakn bahasa baku. Dan teks 2 menggunakn bahasa tidak baku. Jadi jawaban yang paling tepat terdapat pada jawaban B.

13.    Bacalah kedua potongan kutipan teks eskposisi berikut ini !
Teks 1Teks 2
Mata pelajaran bahasa daerah akan tetap ada di kurikulum 2013 sebagai muatan lokal. Selain bahasa daerah, muatan lokal juga bisa diisi dengan materi kearifan lokal sesuai kebutuhan daerah atau sekolah masing-masing.Mendikbud menjelaskan bahwa dalam rancangan kurikulum yang baru terdapat mata pelajaran seni, budaya, dan prakarya. Sekolah dapat memanfaatkan mata pelajaran seni, budaya, dan prakarya ini untuk mengajarkan bahasa daerah.

Perbedaan pola penyajian kedua potongan teks tersebut adalah....
Teks 1 Teks 2
A. Diawali dengan unsur berita apa Diawali dengan unsur berita siapa
B. Diawali dengan unsur berita siapa Diawali dengan unsur berita apa
C. Diawali dengan unsur berita siapa Diawali dengan unsur berita siapa
D. Diawali dengan unsur berita apa Diawali dengan unsur berita dimana


Pembahasan :

Kedua teks diatas memiliki pola penyajian yang berbeda. Untuk mengetahui perbedaan pola penyajiannya dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan 5W + 1 H. Unsur berita yang diawali dengan apa terdapat pada teks 1 dengan membuat soal "Mata pelajaran apa yang akan tetap ada di kurikulum 2013? Bahasa daerah" kemudia pada teks 2 dapat dibuat pertanyaan yang diawali dengan siapa "Siapa yang menjelaskan rancangan kurikulum baru? Mendikbud" Jadi jawaban yang paling tepat adalah A.

14. Bacalah identitas buku berikut!
Judul buku          :    Jakarta 24 Jam
Penulis                : Putra Perdana, Wandy Ghani, Faizal Reza, dan Feddy Bayusegara
Penerbit              :   PT. Gramedia Pustaka Utama
Jumlah halaman :  256
Tahun Terbit       :  2013

Paragraf yang menyatakan keunggulan buku adalah....
A. Buku ini tidak dapat direkomendasikan sebagai buku yang layak dibaca karena ceritanya yang berbelit-belit dan juga sangat sulit untuk dipahami.
B. Buku ini layak dibaca karena dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi menarik disetiap bagian yang menjadi pelengkap dalam cerita.
C. Buku ini memiliki 21 cerita yang masing-masing memiliki benang merah di cafe bernama Jakarta 24 Jam.
D. Pada akhir kisah, kita tidak dapat mengaitkan kejadian-kejadian yang penulis ceritakan karena sangat berbelit-belit.

Pembahasan :

Keunggulan buku merupakan suatu hal yang mendukung, untuk membeli buku tersebut. Keunggulan buku terdapat pada pilihan jawaban B. Pilihan jawaban A merupakan kelemahan buku, pilihan jawaban C merupakan penjelasan, dan pilhan jawaban D merupakan kelemahan buku.

15. Bacalah identifikasi buku berikut!
Judul buku           : Cinta Tiada Batas
Penulis                 : Dayang Suriani,M. pd
Penerbit               : Liberty
Tahun terbit         : 2011
Jumlah halaman   : 1-94 halaman

Paragraf yang menyatakan kelemahan buku adalah ...
A. Buku berjudul Cinta Tiada Batas ini pantas dibaca dan diperuntukan oleh anak Indonesia. Hal ini dikarenakan novel ini sangat menarik dan mendidik, dimana memiliki gagasan cerita yang sederhana disertai dengan banyaknya nilai-nilai edukasi yang terkandung didalamnya.
B. Buku ini pantas dibaca oleh anak Indonesia, karena ceritanya menarik dan mendidik, dimana penuh dengan nilai-nilai edukasi. Tetapi, gambar yang disajikan dalam buku ini tidak berwarna.
C. Disamping memiliki banyak keunggulan, buku ini memiliki beberapa kekurangan. Gambar yang disajikan dalam buku ini tidak berwarna, sehingga dapat menimbulkan minat siswa kurang dalam mengkaji buku ini.
D. Buku ini tergolong buku fiksi yang disajikan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang menarik. Pilihan kata yang digunakan juga cocok untuk level anak-anak dan kental dengan nilai religius.

Pembahasan :

Kelemahan buku adalah kurang komplitnya atau kurang lengkapnya penjelasan mengenai Cinta Tiada Batas. Jadi pilihan jawaban yang tepat adalah C. Pilhan jawaban A merupakan keunggulan buku, pilihan jawaban B merupakan keunggulan dan kelemahan buku, pilihan jawaban D merupakan keunggulan buku.

KerjaLebah

Tempat berbagi ilmu pelajaran

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top