Menyusun Teks Diskusi Dampak Menonton Televisi bagi Remaja


Diagram yang sudah kamu lengkapi pada Tugas 1 di atas dapat kamu gunakan sebagai pedoman untuk menyusun teks diskusi. Untuk memudahkan kamu, perhatikan, struktur teks diskusi yang berupa isu, argumen mendukung, argumen menolak, dan simpulan sudah dibuat di bawah ini. Kamu tinggal melengkapi titik-titik yang sudah disediakan.

Dampak Menonton Televisi  bagi Remaja

     Di dalam era globalisasi ini tayangan televisi sudah tidak bisa dihindari. Dengan menonton televisi, kita bisa memperoleh bermacam-macam informasi, termasuk di dalamnya hiburan. Pertanyaannya adalah adakah dampak negatif yang ditimbulkan dari menonton televisi? Sebagian masyarakat menganggap bahwa menonton televisi berdampak positif, tetapi banyak juga masyarakat yang menganggap bahwa menonton televisi berdampak negatif.

Dampak positif dari menonton televisi adalah sebagai berikut

Pertama, Kita akan mendapatkan semua berita dari dalam negeri sampai luar negeri.

Kedua, Televisi selalu menyajikan berita up to date, yang tentunya membuat masyarakat tidak akan ketinggalan informasi dan memberikan wawasan yang cukup luas pada masyarakat secara cepat.

Ketiga, Masyarakat akan menyegarkan otaknya dengan program yang ditonton seperti acara komedi apalagi acara tentang galeri sepak bola Indonesia, one stop football yang digemari oleh para laki-laki.

Keempat, Beberapa penelitian mengatakan, bahwa seorang anak yg sering menonton televisi memiliki wawasan yg lebih luas di banding anak-anak yang tidak menonton tv. Teori itu sangat lah masuk akal, karena banyak sekali stasiun televisi menggarap tema edukatif seperti menyiarkan film dokumenter sejarah, flora fauna, sain dan lain sebagainya.

Kelima, Acara yang kreatif  bisa mengajak anak-anak untuk ikut kreatif.

Sementara itu, dampak negatif dari menonton televisi  adalah sebagai berikut.

Pertama, meniru adegan yang tidak pantas untuk ditiru, seperti adanya kekerasan yang tidak pantas untuk ditanyangkan.

Kedua, celaan yang tidak pantas untuk di lontarkan di depan televisi.

Ketiga, adegan yang mengandung unsur pornografi.

Keempat, terlalu banyak menonton televisi menyababkan daya pikiran turun lalu konsentrasi hilang. Dari beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa televisi mempunyai dampak positif atau negatif. Hal itu bergantung pada penonton televisi.

Setelah menyusun teks “Dampak Menonton Televisi bagi Remaja” di atas, secara berkelompok diskusikan teks tersebut di depan kelas! Kamu perlu meminta tanggapan dan masukan dari teman-temanmu tentang isi teks tersebut.

Google Ads

KerjaLebah

Tempat berbagi ilmu pelajaran

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top