Melengkapi Teks Diskusi ‘’Bolehkah Siswa Membawa Telepon Seluler ke Sekolah?”


      Bacalah teks di atas sekali lagi. Susunlah kembali teks itu dengan mengatakan pokok-pokoknya saja! Untuk mengerjakan itu, kamu hanya tinggal melengkapi kotak-kotak yang kosong pada diagram di bawah ini. Tahukah kamu bahwa kotak-kotak yang kosong itu berisi isu, argumentasi yang mendukung, argumentasi yang menolak, dan simpulan tentang teks ‘’Bolehkah Siswa Membawa Telepon Seluler ke Sekolah?”.



StrukturKalimat
Isu
Pelarangan siswa membawa telepon seluler ke sekolah menuai perdebatan.
Argumen MendukungOrang tua dapat menghubungi anaknya baik secara langsung maupun tidak langsung. Setidaknya orang tua merasa nyaman karena dapat berkomunikasi dengan anaknya jika terjadi perubahan jadwal, kondisi darurat, dan sejenisnya.

Telepon seluler dapat digunakan sebagai alat bantu, terutama telepon seluler yang dilengkapi dengan beberapa aksesoris, seperti kalkulator, kamera, dan internet. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk membantu dalam bidang akademik.
Argumen MenentangAplikasi yang tersedia di telepon seluler dapat memengaruhi konsentrasi siswa dalam pembelajaran. Ketika telepon seluler berdering di kelas, meskipun hanya mode getar, kegiatan pembelajaran akan terganggu. Siswa dapat menggunakan telepon seluler untuk kegiatan melawan hukum seperti transaksi narkoba, pencurian, dan sejenisnya.

Aplikasi internet di telepon seluler memberikan kesempatan untuk melakukan kecurangan. 
SimpulanCara untuk mengatasi masalah ini adalah pihak sekolah berdiskusi dan bermusyawarah dengan orang tua agar menghasilkan kebijakan yang tepat. Yang paling penting apakah telepon seluler mempunyai dampak positif yang mengarah pada pendidikan atau hanya membawa dampak negatif belaka.

KerjaLebah

Tempat berbagi ilmu pelajaran

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top