Teknik Menghafal Kosakata Bahasa Inggris Dengan Cepat Menggunakan Otak Kanan


  Teknik Menghafal Kosakata Bahasa Inggris Dengan Cepat Menggunakan Otak Kanan

1. Persamaan Kata
2. Buatlah Cerita Singkat
3. Buatlah Cerita berdasarkan Imajinasi
4. Buat Cerita Yang Lucu
5. Terus Berlatih ...

Itulah sob beberapa kunci yang saya rangkum, dalam menghafal dengan melibatkan otak kanan. Silahkan Simak uraian dibawah?


Hai dengan KerjaLebah disini. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan bagaimana tips dan cara mengahafal Kosakata Bahasa Inggris dengan Cepat dan Susah untuk dilupakan.


Jadi saya sarankan untuk sobat yang belum baca artikel saya sebelumnnya, sebaiknya sobat baca terlebih dahulu kemudian sobat bisa lanjuti baca ini.

Karena artikel saya sebelumnnya juga berhubungan dengan Otak kanan.

Ini dia sob...
"Teknik Menghafal Cepat Dengan Melatih Otak Kanan"


Jujur saja sob saya adalah orang yang paling males kalau denger yang namanya bahasa inggris. Terkadang saya ingin mencari video tutorial tetapi malah bahasa inggris yang bahasa indonesia tidak ada. Jadi nya saya tidak paham apa yang dikatakan oleh orang tersebut.

Maka dari itu sob kita sama sama belajar bahasa inggris di sini. banyak orang yang bilang intinya bahasa inggris adalah Vocabulary atau Kosakata.

Jika kita sudah menghafal banyak kosa kata dalam bahasa inggris tentunya kita akan mudah mengerti. Kalau kita masih minim menguasai yang namanya Kosakata tentunya kita akan sulit untuk mempelajarinya.

Apakah sobat pernah mengalami? Ketika sobat menghafal kosakata bahasa inggris, baru sebentar dihapal gak lama dah lupa apa itu artinya... Ya kaannn.... hehehe

Jadi selama ini saya terus mencari bagaimana cara menghafal bahasa inggris dengan cepat dan susah untuk dilupaka. Akhirnya saya pun dapat cara itu, Nanti saya akan berbagi kepada sobat.

Di artikel saya kali ini sob, membahas teknik yang sudah selama ini saya cari dan juga sering saya pakai sehari hari.



Oke sob, saya akan langsung menjelaskan bagaimana teknik tersebut...

Teknik Asosiasi/Persamaan

Oke sob inilah teknik yang paling ampuh bagi saya dalam menghafal kosa kata dalam bahasa inggris. Saya tidak hanya mudah namun juga susah untuk lupa. Terkadang banyak cara yang gampang dalam menghafal kosa kata ini namun kita juga sering yang namanya lupa.

Teknik Asosiasi atau yang biasanya di dalam pelajaran matematika itu artinya persamaan. Jadi Teknik Asosiasi ini dapat diartikan sebagai teknik merubah kata kata yang menurut kita itu adalah kata kata asing dan yang jarang di kenal dengan otak, menjadi kata kata yang sangat akrab dengan keseharian kita.

Jadi intinya kita merubah kata kata asing atau yang jarang kita kenal kemudian kita hubungkan kata tersebut yang mirip mirip dengan keseharian kita sob. Teknik ini cuman sebagai pemicu ingatan kita sob.

Jadi sebelum sobat melanjutkan teknik ini ada baiknya sobat refresing terlebih dahulu.

Sekarang sobat tonton video yang satu ini.


Gimana sob apakah sobat sudah seger. Kalau otak sobat masih belum refresh mendingan sobat ulang ulangin video itu.

Oke sob kita lanjut...

Saya kembali ingatkan lagi ya sob, teknik ini adalah menyamakan kata yang sudah ada di otak sobat dengan kata yang ingin sobat hafalkan.

Jadi sobat tidak perlu repot repot lagi untuk menghafalkan kata kata asing yang cukup sulit untuk diingat, hanya dengan di Asosiasikan saja dengan kata yang sudah pernah sobat ketahui sebelumnnya, dengan begitu sobat sudah dapat mengingatnya.

Untuk lebih jelasnya, saya aka uraikan lebih jelas dibawah...

Hal yang perlu sobat ketahui!

Intinya dalam teknik ini sobat akan lebih mudah dalam mengenali suatu kata. Teknik asosiasi ini terbagi menjadi 2 yaitu:

1. Teknik Asosiasi dengan menyamakan "Obyek yang Nyata"

Oke sob teknik yang pertama ini yaitu Teknik asosiasi dengan menyamakan sesuatu dengan obyek yang nyata. Maksudnya obyek tersebut ada di dunia ini.

Misalkan seperti ini:
Ketika saya bilang "Paris" apa yang terlintas di dalam pemikiran sobat. Saya akan menebak, tentunya Menara Efiel kan?

Kemudian jika sobat mengingat kota "Jakarta" apa yang ada dalam pemikiran sobat. Tentunys kalau bukan Monas, sering macet, banjir dan lain sebagainya hehehe.

Nah ini adalah teknik asosiasi dengan menyamakan sesuatu denga obyek nyata. Sobat dapat melakukan cara ini dalam menghafal KosaKata Bahasa inggris. Cara nya nanti saya akan kasih tau di bawah.

2. Teknik Asosiasi dengan Bunyi

Oke sob, teknik asosiasi yang kedua ini adalah menyamakan sesuatu dengan bunyi yang mirip.

Jika sobat menemukan kata yang sulit untuk di bayangkan maka sobat dapat menyamakannya dengan bunyi yang mirip.

Misalnya:
Jika sobat mengingat ibu kota Jerman yaitu Berlin. Untuk mudah mengingatnya sobat samakan Berlin dengan Berlian. Maka kata Berlin disini di asosiasikan menjadi kata berlian. Paham kan sob!

Contoh lagi, Ibu kota Afganistan adalah Kabul. Maka sobat dapat mengubah kata Afganistan menjadi kata yang sering sobat ingat sebagai contoh Afganistan kita ubah jadi Afgan (Penyanyi terkenal) kemudian kita ubah Kabul menjadi Kabut.

Agar sobat dapat mempermudahnya lagi sobat dapat membuat sebuah kalimat yang bersal dari kata yang sudah sobat asosiasikan tadi. Misalnya : "Ketika Afgan sedang bernyanyi dibawahnya terdapat Kabut Asap, yang kelihatan keren" Ya seperti itulah sob teknik ini.

Jadi sob dengan teknik asosiasi dengan persamaan bunyi yang mirip ini dapat membantu sobat dalam menghafal kata kata yang sulit.

Dengan teknik ini juga sobat bisa praktekkan dalam bahasa inggris...

Bagaimana sob? tekniknya.... lebih mudah bukan. Selain cepat untuk diingat ini juga susa untuk dilupakan. Atau bersifat ingatan jangka panjang.

Otak kanan yang ada dalam diri sobat adalah otak yang memiliki sifat yang sangat kreatif, maka dengan menggunakan cara ini sobat akan diuji ke kreatifitasan sobat dalam membuat sebuah kalimat, yang mudah untuk diingat.

Oke lanjut...

Selanjutnya kita akan mempraktekkan bagaimana cara untuk mengingat kosa kata atau vocabulary dalam bahasa inggris yang mungkin selama ini sulit untuk kita hafalkan sekarang.

Misalkan ketika sobat mengingat kosa kata bahasa inggris, namun diantara kosa kata tersebut ada beberapa kosa kata yang belum pernah sobat dengar.

Dan juga terkadang ada beberapa kosa kata dalam bahasa inggris yang mungkin sudah familiar dalam kehidupan sobat sehari hari.

Dengan Teknik ini sobat dituntut untuk menyamakan suatu kata sekreatif mungkin, dengan begitu sobat akan memiliki imajinasi yang cukup baik.

Oke langsung saja sob...

Latihan Mengingat Kosa Kata Bahasa Inggris

Oke sob sebelum kita lanjut saya akan meminta sobat untuk menghafalkan 5 vocabulary yang ada di bawah ini. Bagaimana kah sobat mengingatnya?... Jika sobat berbeda sama saya maka sobat dapet menuliskan penjelasan dari sobat di kolom komentar.

5 Vocabulary Bahasa inggris

1) Dada = Chest
2) Pusar = Navel
3) Tumit = Heel
4) Bulu Mata = Eyelash
5) Ketiak = Armpit

Sobat coba dulu hubugkan dengan kalimat yang sama dengan dengan kehidupan sehari hari sobat... Silahkan sobat tulis dulu di buku atau kertas, sebelum sobat melanjutkan untuk membaca teknik yang saya buat.

Ini sob, diperlukan ke kreatifitasan sobat dan juga imajinasi sobat hehehe.

Dada = Chest

Nah, kalau saya mengingatnya sob saya akan menghubungkan vocabulary tersebut dengan kata yang sudah familiar dalam diri saya sob

Semakin sobat membuat kalimatnya tidak jelas atau bahkan tidak masuk akal itu malah bagus sob...

Kalau misal kata "Dada" = "Chest". Saya akan menghubungkan kata "chest" dengan "catur" karena chest yang artinya catur sudah familiar pada diri saya sob. Kemudian sobat banyangkan "Dada".

Jadi saya dapat buat kalimat "Orang tersebut bermain catur di dada patung raksasa" hehehe. Kalau gak jelas ya maklum lah sob... kalau sobat ada yang lebih bagus silahkan...
Sehingga Dada = Chest

Pusar = Navel

Hubungkan saja kata "Pusar" dengan "Putar". Kemudian kata "Navel" dengan Apel. Lalu buat kalimat "Apel itu berputar putar sampai Pusing" hehehe
Sehingga Pusar = Navel

Tumit = Heel

Coba banyangkan Tumit, kemudian saya akan menghubungkan kata Heel dengan Heelang atau Hilang hehehe. Nah setelah itu buat cerita "Tumit di hapus jadi hilang" hehehe
Sehingga Tumit = Heel

Ketiak = Armpit

Ini gampang sob, Banyangkan sobat mempunyai Garem yang di IMPIT pake KETIAK hehehe
Sehingga Ketiak = Armpit

Nah sob bagaimana dengan Kalimat sobat atau mungkin punya sobat lebih lucu hehehe.

Apakah sobat lebih mudah untuk mengingatnya dibanding sobat harus tulis sampai 10 kali yang nantinya mungkin juga lupa. Mending sobat menggunkan Teknik asosiasi ini.

Jadi sobat carilah kembali kosa kata yang sobat ingin hafalkan, kemudian gunakan taknik yang mengasyikkan ini hehehe.

Penutup

Sekian lah sob artikel saya kali ini tentang Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggri dengan Cepat Menggunakan Otak Kanan. Mudah mudahan dapat bermanfaat buat sobat semua.

Like jika sobat suka dengan artikel saya ini dan Abaikan jika sobat rasa artikel ini tidak membantu sobat. Dan jangan lupa sobat share ke teman teman sobat yang mungkin mereka ingin Menghafal Kosakata Bahasa inggris, Biar saya kasih Jurus ini. hehehe

Sampai jumpa di artikel selanjutnya...

Selamat Mempraktekkan ...

KerjaLebah

Tempat berbagi ilmu pelajaran

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top