Teknik Menghafal Cepat Dengan Melatih Otak Kanan


  Teknik Menghafal Cepat Dengan Melatih Otak Kanan

1. Berimajinasi
2. Buatlah Cerita Singkat
3. Gunakan Cerita Imajinasi
4. Buat Cerita Lucu
5. Tambahkan Imajinasi lain
6. "Kesabaran"

Itulah sob beberapa kunci yang saya rangkum, dalam menghafal dengan melibatkan otak kanan. Silahkan Simak uraian dibawah?


Hei dengan KerjaLebah disini. Kali ini saya akan memberikan Bagaimana Teknik Mengingat dengan cara melatih Otak Kanan. Mungkin sobat, sudah tau sedikit kenapa kita harus menghafal dengan menggunakan otak kanan. Mungkin karena otak kanan yang kita punya memiliki daya ingat yang relative lebih lama di bandingkan dengan otak kiri.

Sebelum kita memulai bagaimana cara melatih dan mengoptimasi otak kanan setidak nya saya akan bahas dulu mengenai Apa itu otak kanan.

Apa itu Otak Kanan?

Otak kanan yang kita punya adalah otak yang memiliki sifat kreatif, imajinatif, intuitif, emosi, visualisasi dan masih banyak lagi. Jadi sob disinilah manusia memiliki kreatifitas maupun perasaan yang dapat diolah dengan maksimal. Nah Ketika sobat mempunyai mimpi yang besar dan sobat ingin sekali mengapainya, maka sobat berpikir dengan mimpi mimpi tersebut menggunakan otak kanan.

Apakah ada Keistimewaan yang dimiliki oleh Otak Kanan Manusia?

Banyak sob, keistimewaan yang dimiliki oleh otak kanan manusia berikut adalah keistimewaan yang dimiliki oleh otak kanan:

1) Otak Kanan Merupakan Otak Minoritas

Oke sob, keistimewaan otak kanan yang pertama yaitu Otak kanan merupakan otak minoritas.

Kenapa dikatakan otak minoritas?
Karena banyak orang orang baik di indonesia maupun di dunia mereka jarang banget menggunkan otak kanan. Karena sedikit yang menggunakan maka otak ini adalah otak minoritas.

Banyak manusia di dunia ini yang telah melalaikan otak kanan nya, karena mungkin mereka terbiasa menggunakan otak kiri mereka dan tidak tau bagaimana fungsi otak kanan. Mulai dari mereka kecil sampai mereka ke perguruan tinggi yang mereka gunakan adalah otak kiri.

Jadi sob, menurut fakta ya Orang yang berpikir dengan menggunakan otak kanan, sering dianggap orang gila?

Kok Bisa?
Ya karena dengan mulai cara berpikirnya otak kanan ini cenderung alur pikirannya tidak runtut dan tidak teratur atau sistematis. Dan bagaimana pun caranya otak kanan dengan otak kiri tidak bisa nyambung namun hanya untuk melengkapi satu sama lain.

Sobat jangan anggap otak kanan itu gak penting, karena dunia kita ini dimajukan oleh orang orang gila. Orang orang tersebut ialah Albert Einstein dan juga Alfa Edison. Mereka adalah orang orang gila yang berhasil merubah kehidupan di dunia ini dan juga dengan pemikirannya menghasilkan sesuatu yang saat ini sering digunakan oleh masyarakat dunia.

2) Otak Kanan Adalah Kesuksesan

Oke, keistimewaan otak kanan yang kedua adalah Otak kanan adalah otak sukses.

Kenapa dikatakan Otak Kesuksesan?
Karena keyakinan yang ada dalam jati diri manusia itu terletak di otak kanan. Tanpa adanya keyakinan sobat mungkin tidak bakal sukses, karena orang yang sukses adalah berawal dari keyakinan orang tersebut.

Keyakinan yang terletak di otak kanan manusia adalah sekitar 80% diantaranya merupakan EQ dan juga SQ, sedangkan yang berada di Otak Kiri, disinilah merupakan pusat IQ seseorang.

3) Otak Kanan Adalah Otak Kebaikan

Oke sob, kestimewaan otak kanan yang ketiga yaitu Otak kanan merupakan otak kebaikan.

Kenapa bisa dikatakan otak kebaikan?
Coba sobat pahami dulu kalimat ini "Mulailah dari yang kanan" Apa yang akan sobat pikirkan?

Dengan begitu "Utamakanlah otak Kanan". Bangsa indonesia sendiri dekat dengan istilah "Tangan Kanan", Burung Garuda yang terdapat pada pancasila menghadap ke kanan, kenapa gak ke kiri atau lurus ke depan. hehehe

Dalam bahasa inggris "Kanan" yaitu Right, juga bisa diartikan dengan baik. Misalkan sobat perhatikan ketika sobat ingin turun dari angkot, Apa yang sobat ucapkan? pastinya "Kiri-kiri" lalu pak sopir malah berhenti. Maka dari itu kiri bisa dianggap kurang baik.

Intinya semua gambaran yang ada pada kata "Kanan" itu merupakan sesuatu yang baik.

4) Otak Kanan Merupakan Otak Perasaan

Oke sob, keistimewaan dari otak kanan yang terakhir yaitu Otak kanan merupakan otak perasaan.

Kok Bisa dibilang dengan Otak Perasaan?
Menurut Ippho Santosa (Pakar dari Otak Kanan), orang yang biasa menggunakan otak kirinya, itulah merupakan otak kognitif, otak yang deket kaitannya dengan IQ yang presentasenya untuk menentukan kesuksesan hanya 20% saja. Jadi hal yang biasa sobat sebut sebut itu "Hati" adalah otak kanan.

Otak kanan inilah otak yang sangat efektif, otak yang juga menentukan 80% kesuksesan sobat.


Itulah tadi sob beberapa keistimewaan yang ada pada otak kanan. Sebenarnya sih masih banyak sob. Tapi Jika kita terus membahas mengenai otak pasti memerlukan waktu yang cukup lama banget karena banyak sekali yang harus di jabarkan. jadi intinya Otak itu merupakan sesuatu yang dimiliki seseorang dan harus selalu diasah dan di pelihara.

Apakah sobat Bisa Menggunakan Otak Kanan?



Coba sobat perhatikan gambar diatas. Gambar tersebut adalah salah satu gambar yang dapat merekam simulasi otak sobat. Coba sobat ikuti intruksi yang saya berikan! Nantinya sobat akan melihat sesuatu yang jelas pada gambar tersebut. Oke langsung saja...

Pertama, Sobat perhatikan gambar diatas dengan baik baik, dan fokuslah pada salah satu titik di atas hidung.
Kedua, Sobat harus perhatikan baik baik dan dengan konsentrasi yang penuh dari titik yang sobat lihat.
Ketiga, Atur nafas sobat dengan perlahan lahan, dan sobat masih tetap fokus ke titik tersebut.
Keempat, Setelah sobat menghitung sampai hitungan ke 20 sobat, Arahkan pandangan sobat kearah dinding. Terserah dinding manapun itu yang jelas bisa disebut dinding.

Apa yang sobat lihat...? Tulis komentar di bawah ya sob. Jelaskan bagaimana ciri karakter orang tersebut.

Apakah berambut panjang, berjenggot, berwarna putih hehehe. Tulis apa yang sobat lihat di bawah ya...

Jika sobat telah berhasil melihat apa yang sobat lihat, maka saya berikan selamat untuk sobat yang berhasil melihat nya. Dan sobat harus bersyukur kepada tuhan karena masih diberikan otak kanan yang berfungsi dengan baik.

Apa yang sobat pikirkan selanjutnya... segera sob ajak teman dan keluarga sobat untuk melihat gambar tadi... kalau perlu sobat share artikel ini.


Otak Yang Luar Biasa!

Nah, bagaimana sob. apakah sobat telah mendapatkan informasi dikit dari penjelasan saya diatas tadi. Saya yakin kok sobat pastinya sudah paham sedikit mengenai otak kanan.

Jika sobat bertanya, Otak mana yang paling baik untuk saya gunakan?

Ketika sobat menjawab dengan jawaban otak kiri. Maka jawaban sobat kurang tepat. Sobat lebih tepat untuk menggunakan otak kanan. Tetapi sob, kedua duanya itu juga bagus. Karena tanpa adanya otak kanan sobat mungkin tidak akan pernah untuk memiliki perasaan dan juga keyakinan. sedangkan, tanpa adanya otak kiri sobat tidak akan mengenal yang namanya rasional.

Maka dari itu, otak kiri dan kanan adalah otak yang saling melengkapi satu sama lain. Namun, sudah saya jelasin diatas sobat setidaknya "dahulukan yang kanan". Yang sesuai dengan ajaran agama (jika sobat kebetulan adalah orang islam).

Untuk sobat mengenal lebih jauh lagi tentang otak kanan, saya akan membahas bagaimana dan cara fungsi otak kanan. Untuk itu sobat simaklah uraian dibwah ini:

1) Otak yang menggunakan perasaan
2) Sering berdasarkan pada imajinasi
3) Suka hal yang berkaitan dengan simbol dan gambar
4) Dapat mengetahui bagaimana fungsi obyek
5) Percaya dan yakin
6) Mudah untuk "mengerti"

Nah, itulah sob beberapa fungsi yang ada pada otak kanan sobat. Jika sobat bertanya tanya dengan diri sobat sendiri. "Saya ini cenderung menggunakan otak yang mana ya? Kiri atau yang kanan?

Cenderung Kiri atau Kanan?

Jika dalam diri sobat bertanya tanya seperti itu. Maka saya akan membantu sobat untuk menjawabnya. Mungkin banyak orang yang belum tau mereka itu dominan memakai otak kiri atau kanan. Dari situ kita bisa menjawab mereka menggunakan otak kiri atau kanan.

Untuk mengetahui mereka dominan memakai otak kiri atau kanan. Kita langsung lihat ke ciri ciri otak kanan. Supaya sobat dapat menentukan apakah saya dalam kegiatan sehari hari seperti yang di jelaskan pada ciri ciri otak kanan. Kalau jawaban sobat adalah iya maka, sobat adalah orang yang dominan menggunakan otak kanan. Begitu juga sebaliknya jika sobat tidak melakukan kegiatan seperti yang ada pada ciri ciri otak kanan maka sobat adalah orang yang dominan berpikir dengan otak kiri.

Oke langsung saja... Ciri ciri otak kanan:
1) Lebih memilih kelas seni dibanding belajar matematika dan juga IPA.
2) Suka bekerja dibidang seperti kreatifitas, sosial, guru, penasihat, dokter gigi, programmer, keuangan, penelitian dan lain lain.
3) Percaya dan yakin dengan imajinasi.
4) Tidak menyukai hal yang sukanya memeras pikiran (otak).
5) Menyukai buku seperti Novel ataupun non fiksi.
6) Dapat dengan mudah mengingat mimpi dengan mudah dan gampang.
7) Lebih menyukai menonton Film DVD dibanding berita.
8) Lebih mudah mengerti makna yang ada pada gambar dibanding di angka.
9) Lebih suka menggunakan persaan maupun feeling dalam mengambil suatu keputusan.
10) Suka baca koran, majalah, maupun Buku.
11) Lebih tertarik dengan hal hal yang berhubungan dengan mesin.
12) Lebih memimilih untuk menjadi arsitek dibanding memilih interior.
13) Pintar dalam berbicara seperti berbicara di depan teman temannya.
14) Memutuskan sesuatu dengan adanya bukti bukan dari perasaan

Bagaimana sob, apakah sobat adalah orang yang dominan menggunakan otak kanan, dengan sobat melakukan kegiatan seperti ciri ciri otak kanan maka sobat dominan menggunakan otak kanan.

Jika sobat bertanya, adakah kelebihan lain yang dimiliki oleh otak kanan?

Maka saya jawab, ada banyak. Jika itu pertanyaan sobat saya akan jelaskan Kelebihan lain yang dimiliki oleh otak kanan ini.

1) Otak Kanan Itu Otak Emosi

Untuk kelebihan yang pertama adalah otak kanan itu merupakan otak emosi.

Jadi sob, Otak kanan memiliki sifat Long Term Memory yang bisa diartikan ingatan jangka panjang. Otak kanan memiliki fungsi berupa emosi. Kebanyakan dari kita menganggap bahwa emosi itu adalah "Amarah". Ya betul juga sih sob, tetapi lebih tepatnya emosi itu berkaitan dengan hal hal seperti bete, jatuh cinta, kesel, benci, sebel, sedih, marah, senang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apakah bener Otak Kanan bisa mengingat dalam waktu yang lama?

Iya sob jawabannya bener. Coba sobat banyakan ketika sobat memiliki cinta pertama terhadap sesorang, apakah sobat masih ingat sampai sekarang. Atau bahkan sulit untuk dilupakan. Dan juga kenapa ada masa lalu yang menurut kita itu masa lalu yang senang maupun masa lalu yang menyedihkan masih tebenak saja dalam pikiran kita sampai saat ini.

Jadi seperti itulah sob gambaran otak kanan. Kenapa otak kanan itu bisa dibilang otak emosi? Karena dengan emosi itu kita dapat dengan medah untuk mengingat sesuatu tanpa sering kelupaan.

Jika sobat belajar seperti menghafal dengan menggunakan otak kanan. Sebaiknya sobat menghafal itu dengan menggunakan emosi sobat, saya jamin sobat lebih mudah untuk menghafalya hehehe. Gimana so belajar dengan menggunakan otak kanan asyik bukan? Apa Asyik Bangeetss? hehehe

2) Otak kanan itu Otak Imajinasi

Oke sob kelebihan otak kanan selanjutnya yaitu Otak kanan merupakan otak imajinasi yang dapat diatikan membanyangkan.

Imajinasi itu adalah kemampuan seseorang untuk membanyangkan. Membanyangkan sesuatu yang awalnya berasal dari pengelihatan, pendengaran atau indra lainnya.

Dengan imajinasi dapat memberikan sobat pengalaman serta pemahaman. Cara untuk melatih imajinasi sobat bisa mendengarkan cerita atau narasi. Dengan kata kata yang ada pada cerita narasi tersebut sobat dapat membanyangkan bagaimana peristiwanya, maupun tingkah laku nya.

Sobat juga dapat melatih imajinasi sobat dengan cara membuat Cerita dongeng atau fantasi. Coba sobat perhatikan orang yang biasa membuat cerita dongeng pasti nya cerita tersebut berdasarkan karangan dan imajinasi si penulis.

Imajinasi ini sob juga bersifat Long Term Memory atau ingatan jangka panjang. Kok Bisa? Karena dengan sobat membanyangkan masa lalu sobat dengan emosi. Sobat dapat dengan mudah menguatkan daya ingat sobat dan juga dapat memperjelas melalui imajinasi sobat. Imajinasi hanya sebagai pemicu untukk memperjelas semuanya. Sehingga imajinasi itu juga bersifat Long term Memory.

Sekarang sobat coba bayangkan dengan imajinasi sobat. Ketika sobat belajar untuk menghafal dengan menggunkan imjinasi. Tentunya akan terlihat lebih mengasyikan lagi. Dibanding sobat harus mengingat dengan menguras pikiran sobat hehehe.

3) Otak Kanan itu Otak Gambar

Kelebihan yang ketiga dari otak kanan adalah Otak Gambar.

Nah, otak kanan itu merupakan otak gambar, jika sobat adalah orang yang pandai menggambar. Maka sobat sudah melatih sedikit otak kanan sobat.

Masih ingatkah sobat Ketika berada di sekolah dasar?

Jika masih, apa pelajaran yang paling sobat suka? Pastinya menggambarkan.

Jika saya suruh sobat gambar? Apakah yang sobat gambar?

Mungkin masing masing dari sobat pasti menjawab gunung, atau sawah. hehehe

Mengapa bisa seperti itu?

Hal itu sob dikarenakan adanya "Doktrin". Apa yang pertama kali guru sobat contohin ketika SD tentunya gambar gunung ataupun sawah, kan. Maka gambaran itu masih sobat ingat sampai saat ini.

Maka dari itu Gambar juga bersifat Long Term Memory, karena gambar juga langsung berhubugan dengan imajinasi.

Jika sobat ingin membuktikannya lagi, sobat coba ingat teman lama sobat yang baru saja sobat bertemu dengannya, mungkin seminggu kemarin atau sebulan kemarin. Apakah hal pertama yang sobat pikirkan? Apakah sobat langsung berpikir namanya atau bentuk mukanya? Pasti nya jawaban sobat adalah bentuk mukannya, meskipun sobat sedikit lupa dengan namanya atau bahkan memang tidak tau. Tetapi masih ingat sedikit demi sedikit kan sob. hehehe

Nah, sob dari situ membuktikan bahwa gambar merupakan imajinasi jangka panjang dan huruf ataupun angka merupakan ingatan jangka pendek saja, yang biasa nya diingat oleh otak kiri.

Saya sarankan kepada sobat ketika belajar, sobat dapat melibatkan langsung dengan Gambar dan imajinasi agar hasil belajar sobat tidak dengan mudah untuk di lupakan.

4) Otak Kanan itu Otak Musik

Oke sob, kelebihan dari otak kanan yang terakhir yaitu, Otak musik.

Ketika sobat mendengar suatu lagu dan kemudian sobat mengingat masa lalu sobat, dan mungkin saja membuat sobat kesel atau senang? Pasti pernahkan sob...

Dengan adanya musik sobat dapat mengatur emosi sobat, bahkan bisa saja sobat terbawa suasana musik tersebut. Di dunia in telah banyak orang yang terhipnotis dengan adanya musik. Dan penggemar musik tentunya lebih banyak dari pada penggemar buku.

Jadi sobat ketika belajar bisa lah untuk membuat lagu? hehhehe supaya belajar sobat bisa sedikit meng-asyikkan.


Itulah tadi sob beberapa kelebihan yang dimiliki oleh otak kanan sobat. Sebenarnya masih ada lagi tapi jika saya jabarkan terlalu lengkap maka menghabiskan banyak waktu saja.

Lalu bagaimana cara untuk memperaktekkan Otak Kanan dalam kehidupan sehari hari kita?

Oke sob, kita langsung ke tekniknya bagaimana kita dapat mengingat dan menghafal cepat dengan melatih otak kanan. Untuk teknik tersebut ada yang namanya teknik "Flash Memory".

Apa itu Flash Memory?

Flash memory ini adalah sebuah cara bagaimana sobat nantinya dapat berkomunikasi dengan pikiran, ingatan dan otak sobat. Jadi sobat nanti akan deket sekali dengan "Memory".

Bagaimana Caranya Berkomunikasi Dengan Ingatan?

Nah, cara nya sob itu sangat gampang dan simpel sekali. Dengan cara ini sobat akan terbantu dalam meningkatkan kecerdasan sobat dan daya konsentrasi dengan melibatkan kedua fungsi otak sobat, yaitu otak kanan dan otak kiri. Cara ini sangat cepat membantu sobat...

Kok Bisa Cepat?

Kebanyakan orang maupun kita ini sob yang sudah diberikan otak dan terdapat belahan fungsi yang berbeda beda. Namun harus kita sayangi sekali karena kita ini hanya menggunakan satu belahan saja yaitu Otak Kiri.

Kebanyakan juga dari kita, tidak menerima hal hal yang mungkin tidak masuk akal. Nah, ketika ada orang yang berpikiran tidak masuk akal, maka biasa kita panggil orang itu gila. Ya kan sob...

Itu sangat salah sekali sob, Sebenarnya di Dunia ini tidak ada yang namanya orang gila hanya saja itu prasangka buruk dari kita kita.

Uji Kemampuan Otak

Oke sob sebelum sobat saya kasih bagaimana tekniknya maupun cara nya, saya ingi uji kemampuan sobat terlebih dahulu.

Bagaimana kah cara sobat dalam mengingat cepat dengan menggunakan otak kanan? Saya akan berikan tabel yang sudah berisi kata kata benda di bawah ini.

Tugas sobat hanyalah menghafal kata kata benda yang ada di bawah ini, dan harus sesuai dengan urutannya dan harus sistematis ya sob. Walaupun saya acak nomernya sobat harus tetap mengingatnya dengan bener.

Oke sob, Langsung saja saya hanya memberi waktu 90 detik saja. Silahkan sobat hafalkan...

1. Dasi             11. Durian
2. Jeruk           12. Rumah
3. Bubur          13. Masakan
4. Bir               14. Ember
5. Buldoser       15. Kelereng
6. Apel             16. Mobil
7. Kolam          17. Radio
8. Kitab            18. Pecah
9. Komputer      19. Nasi
10. Meja           20. Indonesia

Itu sob beberapa kata benda. Berapa lama sobat dapat mengingat 20 kata benda tersebut? Apakah sobat bener bener ingat semua kata katanya? Dan kalau misalkan saya sebutkan ke sobat nomornya apakah sobat tau? Apakah sobat masih bisa mengingatnya?

Jika sobat masih bener bener kesulitan artinya sobat menghafal tadi, tidak melibatkan otak kanan sobat.

Jika sobat sudah bener bener menguasai teknik ini, maka sobat tidak perlu lama lama untuk mengingat 10 kata benda di atas. Bahkan sobat bisa mengahafal semua kata tersebut hanya dalam waktu 20 detik saja, yang jelas tidak lebih dari 30 detik. Itu jika sobat bener bener menguasai tekniknya. Tekniknya saya akan kasih di bawah ya sob.

Selanjutnya sobat harus sebutkan kembali 20 kata tersebut yang sudah sobat hafalkan tadi...!

1.        11.
2.        12.
3.        13.
4.        14.
5.        15.
6.        16.
7.        17.
8.        18.
9.        19.
10.      20.

Bagaimana sob, apakah sobat masih bisa dalam menyebutkan kembali kata kata diatas. Jika sobat bisa saya akan coba lagi...!

Tes selanjutnya, saya akan berikan 40 angka yang ada di dalam tabel dan sobat harus bisa mengingatnya dengan cepat dan  harus bener bener hafal. Dan misalkan ketika saya tanya kolom sekian dan baris sekian sobat harus bisa menjawabnya?

Oke silahkan sob...

   
Apakah sobat sudah bener bener ingat 40 angka diatas tadi dalam waktu yang relative singkat?. Jika sobat sudah hafal, sekarang sobat saya minta untuk mengulang kembali angka angka diatas tadi secara tepat dan bener bener berurutan.

Dan minta lah kepada teman maupun saudara sobat, untuk memberikan pertanyaan kepada sobat. Misalkan "Coba sebtkan kata pada Kolom ketiga baris keempat?" dan seterusnya...

Jika sobat berhasil dalam menghafalkannya. Dan sobat menghafalnya menggunakan otak kanan maka saya ucapkan selamat buat sobat yang berhasil dengan menggunakan otak kanan. Tapi jika sobat belum bisa menggunakan teknik otak kanan, itu adalah hal yang sangat wajar sekali sob... Karena sobat belum saya berikan bagaimana teknik cepat untuk menghafal dengan otak kanan.

Nah, apakah sobat sudah mempunyai gambaran mengenai teknik otak kanan ini. Hal itu mungkin sudah terjadi jika sobat memang bener bener serius dalam mempelajari teknik ini.

Kalau begitu sob, saya akan berikan jurus jurus menghafal cepat dengan menggunakan otak kanan, Saya akan bagi dalam 1 teknik. Teknik teknik tersebut dapat sobat pelajari di bawah ini. Sobat harus pelajari dengan serius ya sob, agar ilmu yang saya berikan itu bermanfaat buat sobat nantinya di dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah Teknik Menghafal Cepat Dengan Menggunakan Otak Kanan.

Teknik Pertama, Mengingat Cepat Dengan Melibatkan Otak kanan

Oke sob ini adalah teknik pertama yang saya akan jelaskan kepada sobat. Saya harap pada artikel sebelumnya sobat sudah bisa mengerti sedikit demi sedikit.

Sebelum kita mulai mari kita lakukan senam otak terlebih dahulu supaya otak kanan dan otak kiri sobat lebih fresh dan siap untuk mempelajari teknik pertama ini.

Inilah video yang dapat sobat ikuti.


Jika otak sobat terasa belum fresh silahkan sobat ulang ulang kembali videonya sampai otak sobat bener bener fresh kembali... hehehe

Cara Melatih Otak Kanan

Hal yang perlu sobat lakukan dalam melibatkan kan fungsi otak kanan ini, sobat harus melatihnya terlebih dahulu.

Bagaimana Cara Melatihnya?

Cara nya sobat hanya perlu membanyangkan saja, karena otak kanan sangat peka sekali terhadap banyangan. Dalam membanyangkan sobat boleh sambil tiduran maupun dengan mata tertutup itu lebih bagus lagi.

Sekarang sobat tarik nafas dan banyangkan sekarang sobat lagi minum sebotol air yang ada di dalam mobil sehingga mulut dan tenggorokan sobat terasa segar.

Jika sobat dapat merasakan, mendengar, melihat semua banyangan yang saya katakan tadi. Maka sobat memang sudah siap untuk mempelajari ini.

Kunci dalam teknik pertama ini adalah Membanyangkan (Imajinasi). Karena sob strategy ini adalah merupakan strategy sederhana dengan melibatkan informasi menjadi sebuah cerita.

Disini ada beberapa syarat yang harus sobat penuhi ketika sobat mengingat menggunkan metode ini:

1) Buatlah cerita singkat.

Cerita pendek tersebut berisi kata kata yang akan sobat targetkan untuk dihafal. Sobat buatlah cerita antara kata pertama dan kata kedua, kata ketiga dan keempat dan seterusnya. Cara ini berguna untuk mengingat informasi secara runtut dan sistematis.

2) Gunakan Cerita Imajinasi.

Dengan adanya cerita imajinasi maka kata kata yang akan sobat hafalkan akan mudah diingat. Sobat bisa membuatnya dengan hal hal yang lucu. Dengan melibatkan emosi sobat maka hal yang akan sobat ingat lebih mudah.

3) Tambahkan imajinasi lainnya.

Jika sobat membuat sebuah cerita yang lucu maka sobat bisa tambahkan cerita tersebut dengan bentuk, warna, bunyi atau gerakannya agar lebih memudahkan untuk mengingat. Misalkan sobat banyangkan Siput punya cangkang besarnya se gedung bertingkat. Warna nya seperti baju tentara. Ya sobat tambah tambahkan seperti begitu sesuai imajinasi sobat masing masing.

4) Kesabaran.

Dalam melakukan metode ini sobat diperlukan kesabaran yang tinggi jika sobat bener bener pengen jadi ahli menghafal menggunakan teknik ini. Misalkan Seseorang yang terbiasa melakukan sesuatu dengan tangan kanan mereka dan ketika itu mereka harus dilatih dengan menggunkan tangan kiri. Disini sobat dilatih menggunakan tangan kiri jika sobat terbiasa menggunakan tangan kanan. Maka harus deperlukan kesabaran.

Jika sobat diawal merasa lambat dengan menggunakan metode ini maka sobat salah, dengan mennggunkan teknik ini tentunya unutk mengingat itu lebih cepat di bandingkan tanpa menggunakan teknik ini. Dengan teknik ini juga ingatan sobat bisa tahan lama jika dibandingkan tidak menggunkan metode ini.

Jadi untuk mempercepat sobat dalam menghafal kata kata, maka sobat harus di perlukan latihan membanyangkan agar sobat dapat menguasai teknik ini.

Ingat Kuncinya ya Sob... Membanyangkan...



Demikianlah tadi sob beberapa teknik dalam menghafal kata kata dengan cepat dan tepat. intinya sobat perlu latihan yang banyak dalam menggunakan metode ini. Dan ingat ya sob hafalkan dengan menggunakan cerita dan memberikan klu klu di dalam cerita tersebut.

Oke sob, Like jika sobat suka dan abaikan jika sobat rasa cara ini tidak bermanfaat dan jangan lupa untuk share ke teman teman sobat yang mungkin ingin mempelajari teknik menghafal cepat, biar dia juga dapet mengetahui.

Oke sob sampai jumpa di artikel selanjutnya...

Selamat mempraktekkan...

KerjaLebah

Tempat berbagi ilmu pelajaran

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top