11 Tips Mudah Cara Memilih Domain Blog yang Tepat dan Contohnya


  Tips Cara Memilih Nama Domain Blog dan Contohnya

1. Carilah Kata Singkatan
2. Tidak Memilih Nama Yang Berbau Sara
3. Sesuaikan Dengan Topik / Bisnis
4. Tidak Menggunkan Karakter dan Angka
5. Tidak Mencantumkan Domain Populer
6. Gunakan Domain TLD
7. Tidak Menggunakan Domain Gratisan
Dan Seterusnya... 

Masih banyak cara lain, yang bisa sobat baca dibawah ini!

Hai sob dengan KerjaLebah disini. Kali ini saya akan berikan beberapa tips yaitu bagaimana Cara Memilih Nama Domain Blog Yang Tepat. Jika sobat adalah seorang pembisnis online, tentunya sobat ingin membuat sebuah blog.

Dengan membuat sebuah blog, harus didukung juga dengan nama domain yang tepat pada blog sobat. Dengan adanya nama domain itu akan menjadi sebuah identitas pada blog sobat. Misalkan seperti saya ini.

Banyak cara untuk memilih domain yang tepat untuk blog, namun terkadang cara tersebut belum bisa membantu sobat. Karena mungkin sobat belum dapet refrensi, untuk membuat nama domain blog baru sobat.

Jika sobat memiliki domain yang unik dan menarik mungkin orang lain akan terus mengingat blog sobat. Maka dari itu memilih domain itu sangat penting banget sob.

Fungsi dari domain itu sendiri yaitu untuk mempermudah orang yang menggunakan internet pada saat mau melakukan akses ke sebuah website. Nama domain biasa orang sebut juga dengan Url atau juga bisa Alamat Website.

Contoh nama domain yang mungkin semua orang tau, seperti "wikipedia.org" ini adalah nama domain yang banyak dikenal orang. Dengan nama yang simple dan singkat ini maka pengguna internet dapat dengan mudah menjangkau situs tersebut.

Maka dari itu saya akan memberikan beberapa tips Cara Memilih Nama Domain Yang tepat untuk blog sobat, mungkin sobat dapat menjadikan cara saya sebagai refrensi sobat... hehehe.

Oiya sob jika tips yang saya berikan belum membantu, sobat bisa kunjungi artikel Cara Memilih Domain Blog pada situs Pahompu.com

Oke sob, lanjut...

Berikut ini adalah beberapa Tips memilih nama domain yang tepat untuk situs yang sobat miliki:

Tips Memilih Nama Domain Untuk Blog

ekorahayu.com

1) Carilah Singkatan Yang Mudah Di Ingat

Oke sob cara pertama ini, yaitu sobat dapat mencari singkatan singkatan yang biasa orang sebut.

Dengan begitu domain sobat akan mudah diingat. Tidak hanya mudah diingat saja sob, tetapi dengan begitu domain sobat akan sering diucapkan oleh orang lain.

Sehingga banyak pengguna internet yang mengunjungi blog sobat. Tanpa perlu sobat mencari pengunjung lagi untuk datang ke blog sobat hehehe.

Tapi ingat sob, carilah singkatan nama yang tidak terlalu panjang, karena jika kepanjagan akan membingungkan orang. Dan juga carilah singkatan yang mudah dimengerti oleh orang lain.

Contohnya dalam memilih nama domain singkatan :

  • spekgadget.com - Khusus untuk blog dengan niche Gadget
  • teknokom.com - Khusus untuk blog yang memiliki niche Komputer
  • bolokers.com - Khusus untuk blog yang memiliki niche Bloggers
  • otomotek.com - Khusus buat blog dengan niche otomotif

dan sebagainya, Mungkin sobat bisa mencari singkatan yang lebih bagus lagi hehehe.

Untuk blog yang menggunakan nama sendiri, itu adalah blog pribadi mereka. Contoh blog yang menggunakan nama domain dengan namanya sendiri seperti:
  • herusatria -  Blog ini membahas tentang Blogging, SEO, Bisnis Online, Internet, Komputer, Motivasi dan Lain-Lain.
  • Blogivan - Blog ini membahas tentang Bisnis online, Internet Marketing, Blogging, Desainer dan masih banyak lagi.


2) Tidak Menggunakan Nama Yang Berbau SARA/P*rn*grafi.

Oke sob cara yang kedua ini yaitu tidak mencantumkan nama yang berbau sara dan juga p0rn*grafi.

Jika sobat memilih nama domain atau membuat nama domain dengan mencantumkan nama yang barbau seperti diatas, maka nama domain sobat akan menimbulkan dampak buruk bagi situs sobat nantinya.

Sebaiknya sobat tidak memilih domain yang seperti itu. Jika sobat bertanya Kenapa?

Karena sob, google akan selalu mencari kata kunci sebuah blog, yang nantinya akan menjadi patokan untuk postingan pilihan. Apabila google menemukan nama yang berbau sara dan p*rn*grafi di blog sobat. Maka itu akan membuat situs sobat di blacklist oleh google.

Jika situs sobat sudah terkena blacklist maka nantinya situs sobat akan susah untuk di deteksi google ketika sobat buat artikel yang ingin di posting. Kalau susah terdeteksi maka situs sobat tidak ada yang lihat.

Maka dari itu sobat hindarilah memilih nama domain untuk situs sobat yang berbau sara dan p*rn*grafi. 


3) Sesuaikan dengan Nama Bisnis sobat.

Oke sob cara selanjutnya yaitu memilih nama domain yang sesuai dengan bisnis sobat.

Jadi misalkan sobat mempunyai sebuah bisnis mungkin bisnis komputer. Ya sobat carilah nama yang berhubungan dengan bisnis komputer sobat itu.

Contoh domainnya jika sobat mempunyai bisnis komputer yaitu :  teknokom.com | ilmukom.com | mousekom.com | dan sebagainya. Sobat buatlah kata kata yang unik dan mungkin sobat bisa jadikan nama tersebut untuk bisnis sobat.

Dengan sobat memilih nama domain yang sesuai dengan blog sobat maka sobat, bisa fokuskan blog sobat terhadapap satu jenis niche blog saja. Misalnya tentang Komputer dan lain lain.

"Apabila sobat tidak memiliki bisnis, maka sobat bisa memilih nama domain sobat berdasarkan nama sobat sendiri. Dan mungkin nantinya blog sobat adalah blog pribadi. Sobat bisa pilih nama domain berdasarkan nama panggilan sobat, nama belakang, nama singkatan dan lain lain."


4) Tidak Menggunakan Karakter Huruf dan Angka

Oke sob cara yang selanjutnya dalam memilih nama domain adalah tidak menggunakan karakter huruf.


Seperti apasih karakter huruf itu?

Jadi karakter huruf itu sob seperti tanda kurang atau tanda hubung (-), tanda plus (+), tanda sama dengan (=), dan lain sebaigainya.

Jika sobat memilih nama domain dengan mencantumkan huruf maupun karakter maka itu akan mempengaruhi blog sobat terhadap SEO (search engine optimation), singkatnya blog sobat susah untuk menjadi halaman pertama google.

Namun, jika sobat terpaksa untuk menggunakan karakter dalam memilih domain blog sobat, sebaiknya saya sarankan menggunakan tanda hubung (-).


5) Tidak Menentukan Nama Domain Seperti Domain Populer, Merek Dagang

Oke sob cara selanjutnya, untuk memilih nama domain blog, sobat sebaiknya tidak membuat nama domain blog sobat yang berisi nama domain terkenal dan juga nama yang berasal dari merek dagang.

Domain domain tersebut contohnya : amazon.com | Lazada.com | google.com

Ketika sobat ingin memilih nama domain sebaiknya sobat tidak mencantumkan nama nama domain seperti diatas itu. Contohnya : Amazonku.com | mbahgoogle.com.

Jika sobat memilih nama domain blog sobat seperti itu maka bisa bisa sobat akan dituntun oleh perusahaan perusahaan besar itu. hehehe

Karena itu sudah di ibaratkan copyright, atau mengambil hak cipta orang lain.

6) Gunakan Domain TLD

Oke sob cara yang selanjutnya yaitu Menggunakan domain TLD (Top Level Domain).

Sebenarnya ini bukan cara untuk memilih nama domain sih sob, melainkan hanya sekedar saran dari ane...hehehe

Jika sobat belum tau apa itu Domain TLD? Sobat bisa search aja di google.

Jadi intinya Domain TLD itu contohnya adalah (.com .net .id dan lainnya.) Jadi dengan sobat menggunakan domain TLD maka akan lebih bagus untuk SEO.

Jika sobat ingin berbisnis dari ngeblog dan serius dalam ngeblog. Sobat bisa membeli domain sendiri. Jika sobat bandingkan dengan blog yang menggunakan domain .blogspot.com atau wordpress.com

Tentunya itu sangat tidak relevan bagi sobat dan juga SEO.


7) Tidak Menggunakan Domain Gratisan

Oke sob saran saya selanjutnya yaitu jangan lah sobat memilih domain blog dengan menggunakan domain yang gratisan. Maksudnya gratisan disini bukan blogspot.com ataupun wordpress.com.

Contoh domain gratsan itu seperti .ML .GA .TK dan lainnya.

Kenapa?

Karena jika sobat memilih domain ini suatu saat sobat bisa kehilangan akses dalam mengelola dengan blog sobat.

Misalkan saja blog sobat yang sudah memiliki artikel dan banyak pengunjung tiba tiba domain yang sobat pakai tidak bisa di akses lagi. Apa yang sobat rasakan? tentunya itu sangat merugikan sobat.

Dan juga menurut mas sugeng domain ini itu sering banget di gunakan oleh blog spamer. Blog sembarangan gitu lah sob...

Jadi intinya sobat dalam memilih domain blog tidak menggunakan domain yang gratisan.

8) Hati hati dengan Domain Bekas

Oke sob cara selanjutnya dalam memilih domain untuk blog yaitu jangan menggunakan domain bekas. Hati hatilah ketika sobat memilih domain.

Kenapa?

Karena domain bekas itu biasanya adalah domain yang sudah terbanned oleh google.

Domain bekas itu awalnya adalah domain yang pernah di pakai oleh orang lain dan ketika habis masa aktifnya orang tersebut tidak melanjutkan.

Tapi domain bekas itu ada yang bagus dan juga ada yang sudah tidak bisa di pakai lagi.

Saya pernah mengalami ketika saya membeli nama domain sob. Waktu itu saya membeli nama domain dan ternyata domain tersebut sudah terbanned oleh google dan saya biarkan saja sekarang domainnya.

Soalnya domain bekas sudah tidak bisa muncul di pencarian google ketika domain tersebut sudah terkena banned.

Jadi sebelum sobat memilih nama domain blog yang tepat, saya saran kan untuk cek domain tersebut di www.isbanned.com. Jika domain status nya adalah deleted maka domain itu adalah domain bekas.

9) Carilah tempat membeli domain yang terpercaya

Oke sob cara selanjutnya dalam memilih domain, yaitu pilihlah tempat untuk membeli domain yang terpercaya.

Tentunya sangat banyak situs situs yang menjual domain yang murah tapi mungkin tidak bagus karena alasan tertentu.

Disini dalam menentukan tempat untuk membeli domain sangatlah penting sob. karena disitulah nantinya sobat mengatur domain sobat.

Saya akan memberikan beberapa saran kepada sobat dalam memilih situs membeli domain yang terpercaya. Contoh tersebut bisa sobat jadikan refrensi.

Berikut adalah situs terpercaya yang dalam membeli nama domain blog:

1. Namecheap - Situs ini menjual domain dengan harga yang terjangkau dan juga memberikan fasilitas yang sangat menguntungkan. Tentunya ini tidak akan merugikan sobat.

2. Rumahweb - Situs ini juga merupakan situs yang menjual domain TLD yang sudah lama. Harga domain yang diberikan juga tidak terlalu mahal, dann disini sobat bisa dengan mudah berkonsultasi dengan rekan rumahweb.

Itulah sob 2 situs yang saya sangat rekomendasikan untuk sobat. Mungkin jika sobat ingin membeli domain belilah di situs yang sudah terpercaya tersebut ya sob... agar sobat mudah mengatur domain sobat.


10) Tidak Memilih Domain NgeTrend

Oke sob saran saya dalam memilih domain untuk blog, yaitu jangan memilih nama domain terhadap topik yang sekarang lagi ngtren.

Jadi jika sobat memilih nama domain berdasar kan topik yang lagi ngetrend saat ini mungkin satu tahun yang akan datang topik tersebut tidak populer lagi bahkan dilupakan. hehehe

Misalkan sekarang yang lagi ngtren adalah Om Telolet Om. Dengan sobat memilih nama domain blog seperti itu atau yang berhubungan dengan om telolet. Mungkin sekarang pengunjung blog sobat akan rame, namun apakah kedepan nya juga begitu... hehehe Mungkin iya dan bisa jadi tidak ya sob.

Maka dari itu saran saya agar blog sobat tiap tahunnnya mendapatkan pengunjung terus, maka pilihlah domain yang mungkin bisa mengikuti zaman. Supaya pengunjung nya ngak abis hehehe.

11. Penutup

Demikianlah tadi sob Cara Memilih Domain Untuk Blog Sobat, mungkin jika sobat butuh penjelasan yang lebih lengkap lagi sobat bisa berkunjung ke blog Sudutpandang ini, disitu juga ada tips lengkap cara memilih domain yang tepat.

Mungkin jika sobat memiliki saran yang lebih bagus lagi silahkan sobat kasih tau di kolom komentar ya sob.

Silahkan Like jika sobat suka artikel saya ini dan Abaikan jiga sobat kira artikel saya ini belum bisa membantu. Dan jangan lupa Share ke teman teman sobat, mungkin mereka juga kesusahan dalam memilih nama domain untuk blog. biar saya racunin dengan cara ini hehehehe...

Sampai ketemu di artikel selanjutnya...

Selamat Mencoba...

KerjaLebah

Tempat berbagi ilmu pelajaran

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top